Import Mesin Pabrik Sawit

Pertumbuhan untuk konsumsi minyak kelapa sawit itu berasal oleh peningkatan jumlah penduduk dunia dan semakin berkembangnya trend pemakaian bahan dasar. Konsumsi itu meliputi industri makanan, industri shortening, pharmasi (kosmetik) yang banyak dibutuhkan sebagian besar orang dan trend ini semakin berkembang. Dikarenakan produk yang menggunakan bahan baku kelapa sawit lebih berdaya saing dibandingkan minyak nabati dengan bahan baku minyak gandum, minyak jagung. Maka dari itu dibutuhkan lah mesin yang canggih yang bisa memperbanyak produksi minyak sawit, adapun yang perlu di perhatikan tentang mesinnya

Import Mesin Pabrik Sawit

1. Sparepart Mesin PKS Kualitas Import

Bagian dari salah satu bahan mentah dari bagian industri, kelapa sawit harus melewati berbagai proses yang membutuhkan mesin pabrik kelapa sawit (PKS). Pengolahan kelapa sawit menjadi bahan siap pakai membutuhkan serangkaian peralatan atau mesin untuk memudahkan pekerjaan sebagai penghasil kelapa sawit. Penggunaan yang terus menerus memungkinkan terjadinya kerusakan pada mesin PKS, maka dari itu jasa servis mesin PKS dibutuhkan untuk kelancaran produksi. Terkadang sparepart langkah dan sering sulit di dapat maka tidak jarang mesin sparepart nya harus import agar tidak mengganggu operasional pabrik.

2. Ijin Import Mesin Pabrik Kelapa Sawit

Jika memang diharuskan untuk import mesin pabrik kelapa sawit supaya produksi tetap lancar maka mengurus perizinan import mesin PKS harus diperhatikan. Untuk perizinan mesin pabrik kelapa sawit atau PKS izin importnya dibagi menjadi dua yakni perizinan pokok dan perizinan khusus. Perijinan pokok meliputi tentunya meliputi Legalitas pabrik/perusahaan kelapa sawit, NIK API atau Angka Pengenal Impor seperti API-P atau API-U. Selain itu Legalitas suatu perusahaan seperti PT dan CV, dan yang terakhir NIK atau Nomor Induk Kepabeanan.

3. Bea Masuk 0% Untuk Mesin Pabrik Sawit

Perlu diketahui dan dipahami dalam urusan bea masuk ini dikenakan hanya untuk barang yang diimpor oleh perusahaan, bukan perseorangan, jadi tarifnya pun hanya 0%. Jadi, bisa dikatakan bahwa pengenaan ini bukan bertujuan mengoptimalkan penerimaan negara. Untuk mengenakan bea masuk dan mewajibkan pengusaha untuk melaporkan transaksi barang digital dapat mendorong terciptanya statistik perdagangan yang lancar. Dan itu berlaku dan terutama yang melibatkan transaksi barang mesin, yang lebih akurat dan bermanfaat dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

4. FORM D Untuk Mesin Pabrik Sawit

Form D ini memiliki kekuatan hukum selain itu berfungsi yang sama serta dapat digunakan untuk memperoleh fasilitas pengurangan atau pembebasan tarif bea masuk di negara tujuan import. Di issue di suatu negara, yang jelas dan perlu diketahui jika menggunakan FORM D harus negara yang terdaftar sebagai negara anggota ASEAN. Jika nanti yang mengoreksi petugas pihak penerima (importir) yang diberikan tanggung jawab sebagai yang pertama untuk menerima atau menolak perjanjian dagang yang tertera pada FORM D. Maka dari itu dalam hal ini, di Indonesia, yang bertanggung jawab sebagai gerbang pertama adalah bea cukai.

Jadi meskipun begitu tetap ada prodsedur hukum yang harus di lakukan dan di patuhi setiap perusahaan. Salah satunya adalah sistem perizinan yang di tentukan dan di sebutkan di atas.

Demikianlah Minyak sawit adalah salah satu minyak yang paling banyak dikonsumsi dan diproduksi di berbagai negara. Minyak yang murah, mudah diproduksi dan sangat stabil ini digunakan untuk berbagai variasi makanan, kosmetik, produk kebersihan, dan juga bisa digunakan sebagai sumber biodiesel. Maka dari itu untuk menghasilkan kelapa sawit terbanyak penggunaan mesin import sangat dibutuhkan agar bisa menghasilkan minyak kelapa sawit secara optimal.

Mesin EFB Press Sawit

Mesin efb press sawit ini juga disebut dengan screw press. Mesin ini akan mempress inti kelapa sawit yang sudah melalui poses pembersihan. Mesin ini dapat memisahkan minyak dari pengepressan dan digester agar menghasilkan crude palm oil ( CPO ) serta inti sawit. Mesin ini memeras potongan sawit agar dapat menghasilkan minyak sawit kasar. Setiap bagian dari mesin ini memiliki fungsi yang berbeda beda.

Anda juga bisa mempelajari mesin tersebut mulai dari bagian bagiannya sampai cara kerjanya. Apabila anda sudah mengetahui semua tentang mesin ini anda dapat menghasilkan minyak inti sawit yang berkualitas tinggi. Berikut ini ada beberapa pembahasan tentang mesin mesin press di pabrik sawit misalnya seperti mesin press tankos.

Mesin Efb Press Sawit

1 Mesin Press Tankos Sawit

Mesin tankos atau tandan kosong sawit ini adalah limbah atau sampah buangan dari pabrik minyak sawit. Limbah tersebut dapat di gunakan untuk berbagai macam produk seperti kasur, serat berkaret, matres dan lain – lain. Pemanfaatan serat alam di indonesia hanya sebagian kecil, biasanya di jadikan bahan untuk penelitian.

Di sini masih belum tersedia unit pengolah tandan kosong sawit ini. Bagi industri serat dengan skala yang kecil di butuhkan mesin press tankos sawit dengan minim kapasitas pengepressan kurang lebih 200 hingga 300 kg per jam.

2. Mesin Press Tandan Kosong Sawit

Mesin press tandan kosong tersebut sangat bermanfaat dan berfungsi di pabrik kelapa sawit. Tandan ini bekerja dengan cara memotong dan menghancurkan kelapa sawit sampai dapat di olah menjadi bahan bahan yang berguna. Cara kerja dari mesin ini juga sangat cepat, mesin pencacahnya bisa sampai 120 kg per jam. Biasanya pabrik industri kelapa sawit besar membutuhkan kapasitas 120 kg per jam agar lebih cepat. Sedangkan untuk pabrik industri kelapa sawit yang sedang kapasitas 50 sampai 75 saja sudah Cukup.

3. Menaikkan Rendemen CPO

Agar rendemen CPO naik yaitu dengan mereview standar hasil panen dan kematangan buah. Semua anggota atau team harus kompak. Selalu mengupdate material balance, selalu mengawasi proses pengolahan dan perbaikan berkelanjutan. Mencatat semua riwayat rendemen minyak dalam 5 tahun terakhir. Membutuhkan komitmen serta konsistensi suplay buah sawit ke pabrik.

Strategi pengolahan juga harus didasari dengan pengetahuan. Karena jika tidak didasari dengan pengetahuan, dilakukan dengan asal - asalan atau kecurangan , nantinya tidak akan menghasilkan kebaikan untuk perusahaan atau pabrik tersebut.

4. Biaya Maintenance Mesin PKS Murah

Maintenance merupakan kegiatan pemeliharaan untuk menjaga fasilitas dan peralatan pabrik. Dan juga untuk mengadakan perbaikan atau penyesuaian yang di perlukan agar keadaan produksi dapat berjalan sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan. Maintenance ada 2 jenis yaitu preventive maintenance dan breakdown maintenance.

Perfentive maintenance merupakan pemeliharaan serta perawatan yang dilakukan untuk mencegah munculnya kerusakan yang menyebabkan fasilitas produksi mengalami kerusakan pada waktu dipakai. Breakdown maintenance merupakan proses pemeliharaan yang dilakukan setelah terjadinya masalah atau kerusakan pada peralatan atau fasilitas.

Demikianlah pembahasan tentang mesin di pabrik sawit yang perlu kamu tahu. Mesin mesin yang sangat penting berada di pabrik sawit adalah mesin press , karena mesin press sangat di butuhkan agar buah sawit bisa di jadikan sebagai minyak sawit. Saat terjadi atau sebelum terjadi kerusakan sebaiknya dilakukan maintenance terhadap peralatan atau fasilitas di pabrik sawit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Proses Pengolahan Minyak Inti Sawit

Minyak inti sawit diolah oleh sebuah pabrik inti sawit atau kernel crushing plant untuk dilakukan pengolahan minyak inti sawit. Boiler adalah salah satu alat yang paling penting di pabrik inti sawit. Karena boiler ini menjadi sumber tenaga uap yang di pakai untuk pengolahan inti sawit. Proses mengolah minyak inti sawit sangat di perlukan untuk agar lebih efisien ekstrasi minyak dari inti kelapa sawit.

Proses yang paling utama yaitu membersihkan inti sawit. Pembersihan tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya kontaminasi material seperti metal dan lain sebagainya. Untuk yang akan diperjual - belikan biasanya hanya menjual inti sawitnya saja. Karena kebanyakan yang paling di cari oleh konsumen yaitu inti sawitnya. Nah, inilah pembahasan tentang PKO yang ada di pabrik sawit sebagai berikut.

Proses pengolahan minyak inti sawit

1. Pengertian PKO

PKO adalah kepanjangan dari Palm Kernel Oil atau biasa disebut dengan minyak inti kelapa sawit. PKO ini terbuat dari inti kelapa sawit yang sudah di proses dan diolah menjadi minyak inti sawit. Pada tahun 2000 sampai dengan 2001, produksi PKO mencapai 2,5 % dari total minyak. Tingkat produksi minyak palm kernel ini berkembang pesat jika di bandingkan dengan total minyak dan lemak. Komposisi dan sifat asam lemak dari PKO hampir sama seperti CNO ( coconut oil ).

2. Kernel Crushing Plant Process Flow

Kernel crushing plant adalah pabrik pengelola inti kelapa sawit. Proses kernel crushing plant yaitu pertama - tama proses pembersihan, lalu proses size reduction, setelah itu di lakukan proses flaking, lalu proses steam conditioning. Kemudian proses screw pressing, proses coarse screen filter, filter press, setelah jadi palm kernel oil akan di kemas dan di masukkan ke dalam gudang penyimpanan.

3. Perbedaan CPO dan PKO

Perbedaan CPO dengan PKO yaitu CPO adalah minyak yang berasal dari serabut kelapa sawit yang sudah mengalami beberapa proses seperti pengepressan, sterilisasi, dan juga klarifikasi. Sedangkan PKO merupakan minyak yang berasal dari inti buah kelapa sawit yang sudah di ekstrasi pelarut dengan cara di press. CPO di dapatkan dari pengolahan serabut kelapa sawit sedangkan PKO di dapatkan dari pengolahan inti atau biji dari kelapa sawit.

Jika buah sawit masih belum matang kandungan minyaknya masih sedikit, semakin matang buah kelapa sawit akan semakin banyak minyak yang dihasilkan. PKO memiliki karakteristik yang mirip dengan minyak kelapa.

4. Palm Kernel Oil

Palm kernel oil atau PKO adalah minyak nabati yang berasal dari kelapa sawit yang bisa di makan. Warna dari minyak sawit berbeda dengan warna minyak inti sawit. Minyak sawit memiliki warna merah jingga, sedangkan minyak inti kelapa sawit berwarna kuning karena berasal dari inti atau biji kelapa sawit. Minyak inti sawit yang bagus mempunyai kadar asam lemak bebas yang lebih rendah yang memiliki warna kuning pucat.

Nantinya berbedaan ini dapat menjadikan ilmu penting yang bisa anda gunakan untuk menentukan jenis. Atau minyak sawit dengan kualitas terbaik yang bisa anda pilih.

Nah, itulah pembahasan tentang palm kernel oil yang di kelola di pabrik inti sawit. Palm kernel oil ini dapat di jadikan sebagai mentega, minyak goreng dan lain - lain. Inti sawit juga bisa diolah menjadi produk – produk kosmetik seperti lotion, cream, dan susu. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang palm kernel oil dan juga cara memproses nya.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information