Minyak inti kelapa sawit adalah minyak nabati yang berasal dari lapisan inti buah kelapa sawit. Minyak inti tersebut berwarna kuning dan kandungan asam lemak di dalamnya persis dengan minyak kelapa. Minyak inti memiliki titik lebur yang lebih rendah dan sifatnya lebih jenuh jika di bandingkan dengan minyak sawit. Kualitas minyak inti kelapa sawit tergantung dari bahan baku inti kelapa sawit yang di gunakan serta proses pengolahannya.

 

Harga minyak inti kelapa sawit ini pun juga berbeda beda dan cukup terjangkau. Anda bisa membeli minyak tersebut di toko online atau di pusat perbelanjaan. Minyak sawit ini juga mengandung asam lemak bebas dengan kadar yang lebih rendah dan berwarna kuning pucat. Berikut pembahasan tentang pabrik minyak inti kelapa sawit yang perlu kamu tahu.

Harga Minyak Inti Kelapa Sawit

1. Pabrik Palm Kernel Oil

Palm kernel oil ini merupakan minyak nabati yang berasal dari kelapa sawit. Kernel adalah bagian biji dari kelapa sawit. Pabrik kelapa sawit ini dapat menghasilkan palm kernel oil sampai dengan 10 hingga 13 persen. Untuk memproses palm kernel oil mesin yang di gunakan adalah mesin inti sawit. Di pabrik tersebut kita bisa melihat langkah - langkah untuk membuat minyak inti dari kelapa sawit.

2. Palm Kernel Expeller

Palm kernel expeller adalah biomasa palm yang di dapatkan dari produk samping dari biji kelapa sawit yang sudah di ekstraksi minyak. Biomasa sendiri merupakan bahan biologis yang bisa di pakai untuk sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Palm kernel expeller ini merupakan masa pemecahan atau pemisahan sisa produk dari biji kelapa sawit yang akan menjadi produk sampingan.

3. Pengolahan Inti Sawit

Pengolahan inti sawit di lakukan dengan mesin inti sawit. Minyak tersebut dapat di buat di pabrik inti sawit atau kernel crushing plant. Pengolahan inti sawit yang pertama adalah mempersiapkan biji kelapa sawit yang ingin di jadikan sebagai minyak inti sawit. Lalu setelah itu di bersihkan dan diolah terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air pada inti sawit. Dengan memproses inti sawit tersebut dapat membuat biji sawit menjadi mudah untuk di pecah dan masih banyak lagi.

4. Proses Pengolahan Minyak Inti Sawit

Proses mengolah minyak inti sawit yang pertama yaitu dengan mengupas dan mengambil biji kelapa sawit dan juga di bersihkan. Pembersihan tersebut bertujuan untuk menghilangkan kontaminasi material pada biji kelapa sawit. Kemudian di masukkan kedalam screw press untuk mengeluarkan serat serta untuk mengurangi kandungan air yang tinggi pada inti kelapa sawit.

Setelah itu inti kelapa sawit ini di pecah dengan menggunakan ripple mill. Setelah di pecah kemudian akan di press untuk menghasilkan fiber dan biji kelapa sawit. Setelah itu memisahkan biji kelapa sawit dari fibernya.

5. Kernel Crushing Plant

Kernel crushing plant adalah pabrik pengolahan inti sawit. Saat ini sudah cukup banyak pabrik pengolahan inti sawit. Di sana anda bisa mendapatkan harga jual dari inti sawit yang lebih murah dan juga produk - produk sampingan. Anda juga dapat melihat proses pembuatan minyak inti kelapa sawit secara langsung di pabrik ini.

Nah itulah pembahasan tentang minyak inti kelapa sawit yang perlu anda ketahui. anda bisa melihat langsung pembuatan minyak inti kelapa sawit di pabrik kernel sawit. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengetahui tentang minyak inti kelapa sawit. Semoga bermanfaat.


Artikel Populer

Keunggulan EPDM Packing Terbaik

05-11-2019 Hits:519 blog

  EPDM packing yaitu salah satu jenis gasket yang mempunyai banyak keunggulan. Adapun gasket merupakan lapisan yang di gunakan untuk dapat melapisi sambungan antar flange terhadap proses penyambungan pipa maupun yang...

Read more

Inilah Shinko Steam Turbine Japan Berkualitas Tinggi

05-11-2019 Hits:464 blog

Untuk menggerakkan mesin tentulah tidak dengan mudah bisa bergerak begitu saja. Ada banyak bahan dan alat yang diperlukan. Misalnya saja pabrik kelapa sawit, PLTN dan masih banyak lainnya. Karena segala...

Read more

Beragam Jenis Turbin Uap Kelapa Sawit, Sudah Tahu?

05-11-2019 Hits:430 blog

  Sama seperti mesin lain yang ada di pabrik kelapa sawit, turbin pabrik kelapa sawit juga memiliki beragam jenis. Pembagiannya pun sudah ditentukan berdasarkan beberapa hal. Pertanyaannya, apakah semua jenis turbin...

Read more

Harga Minyak Inti Kelapa Sawit

07-11-2019 Hits:409 blog

Minyak inti kelapa sawit adalah minyak nabati yang berasal dari lapisan inti buah kelapa sawit. Minyak inti tersebut berwarna kuning dan kandungan asam lemak di dalamnya persis dengan minyak kelapa...

Read more

Perusahaan Hoist Crane Indonesia Terbaik

05-11-2019 Hits:373 blog

  Hoist crane merupakan jentera angkat digunakan untuk dapat memindahkan cages berisi Sterilized Fruit Bunch (SFB) pada hopper thresher. Kapasitas alat angkat tersebut lebih besar dari beban operasi. Jumlah crane tergantung...

Read more