Masuk Jajaran Mesin Inti, Ini Cara Kerja Turbin Uap

Masuk Jajaran Mesin Inti, Ini Cara Kerja Turbin Uap

Kw: turbin pabrik kelapa sawit, fungsi turbin pada pabrik kelapa sawit, cara kerja turbin uap pabrik kelapa sawit, turbin uap pada pabrik kelapa sawit

Uap adalah jenis tenaga yang banyak dibutuhkan di pabrik kelapa sawit. Turbin uap pada pabrik kelapa sawit akan menghasilkan uap yang dibutuhkan selama proses produksi. Standart mesin yang dibutuhkan adalah 700 kg per ton TBS untuk dapat melakukan perebusan dari tandan buah segar. Selain itu perlu diketahui, bahwa kebutuhan air pada proses pengolahan kelapa sawit pun cukup banyak, yaitu 1 m3 per kilonya. Pada proses inilah peran turbin uap pada pabrik kelapa sawit dibutuhkan.

Turbin pabrik kelapa sawit adalah sebuah mesin yang berfungsi sebagai penggerak untuk mengubah energy yang ada di dalam uap untuk menjadi gerak putar di pusat. Cara kerja turbin uap pabrik kelapa sawit sendiri melalui uap yang sudah melalui proses, dan bisa dipakai untuk memutar turbin melalui alat pemancar. Kecepatan pun relatif dan bisa disesuaikan. Bertumbu pada kecepatan ini, maka nantinya akan membentuk sudu penggerak dan bisa menghasilkan suatu putaran. Ada banyak celah yang akan menjadi jalan bagi uap untuk mengalir.

Adanya perubahan ini akan menghasilkan gaya yang mampu mendorong dan memutar roda, juga poros. Tapi, jika uap masih punya kecepatan saat melewati sudu turbin, bisa dipastikan jika hanya sebagian yang punya energy sintetis dari apa yang diambil dari sudu turbin yang sedang bergerak. Agar energi kinetis masih ada saat meninggalkan sudu turbin bisa dipakai, harus dipasang lebih dari sebaris sudu di bagian turbin. Di antara sudu pertama dan kedua, harus tetap ada satu sudu yang dipasang.Gunanya, untuk mengubah arah dari kecepatan uap.

Kenapa harus ada sudu tambahan untuk mengubah arah uap? Uap yang dihasilkan harus terbagi secara rata, sebisa mungkin kecepatan dari uap saat meninggalkan bagian sudu gerak dibuat sekecil mungkin. Semua demi energi sintetis bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.Dan yang pasti, dapat menghemat efisiensi turbin sawit jadi lebih tinggi. Melihat fungsinya yang begitu penting dalam pengolahan kelapa sawit, nggak heran jika turbin pabrik kelapa sawit dibanderol dengan harga mahal. Biasanya akan berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Untuk jenisnya, ada beragam turbin uap pada pabrik kelapa sawit yang dijual di pasaran. Semua dibedakan berdasarkan aliran uap, pemakaian pada bidang industri, dan juga berdasarkan tipenya. Namun saat akan membeli mesin ini, pastikan memilih yang berkualitas bagus, karena juga akan mempengaruhi kinerjanya dan juga berapa lama mesin ini bertahan. Harga yang cukup fantastis akan setimpal dengan masa pemakaian dalam waktu lama.

Itu tadi adalah sekilas fungsi turbin pada pabrik kelapa sawit. Semoga dapat memberikan pencerahan dan membuat Anda lebih mengenal beragam mesin yang ada di pabrik kelapa sawit.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information