Dasar Pengolahan Minyak Inti Kelapa Sawit

Dasar Pengolahan Minyak Inti Kelapa Sawit

Minyak inti sawit merupakan sebuah pabrik inti sawit yang digunakan untuk dapat melakukan pemrosesan minyak inti kelapa sawit. Inti minyak sawit yaitu sebuah minyak nabati diambil dari inti/biji dari kelapa sawit. Inti minyak kelapa sawit seringkali juga Palm Kernel Oil. Minyak yang satu ini dapat dibuat di pabrik inti sawit / kernel crusihing plant. Anda juga dapat mendapatkan harga jual inti sawit dari petani kelapa sawit sehingga dapat diolah di pabrik minyak sawit. Selain akan mendapatkan produk PKO maupun Palm kernel Oil juga dapat mendapatkan produk lain sebagai suatu produk sampingan misalnya produk makanan ternak.

Persiapan Olah Biji Kelapa Sawit

Di pabrik kelapa sawit ketel uap/boiler adalah salah satu jantung pabrik inti sawit. Dimana, ketel uap yang satu ni menjadi sumber tenaga serta sumber uap yang dapat dipakai untuk mengolah sawit. Disini akan membahas mengenai katel uap digunakan di pabrik kelapa sawit. Biji kelapa sawit merupakan sebuah biji diambil dari dalam buah sawit yang mempunyai bagian seperti cangkang misalnya telur. Bagian dalam cangkang tersebut baru disebut dengan inti sawit.

Proses minyak inti sawit diperlukan untuk dapat mengefisienkan ekstrasi minyak dari inti sawit. Proses yang pertama harus dilakukan yaitu dengan membersihkan inti sawit. Pembersihan tersebut dilakukan untuk dapat menghilangkan kemungkinan kontaminasi material lainnya seperti metal terhadap produk minyak.

Sebelum diolah, inti sawit kernel ini akan diproses dahulu dengan sebuah proses. Proses tersebut dilakukan untuk dapat mengurangi kadar air terhadap inti sawit. Untuk yang jual inti sawit kebanyakannya hanya menjual inti sawitnya saja karena yang dicari oleh banyak konsumen hanya bijinya saja. Adanya proses pengurangan air terhadap inti sawit yang satu ini membuat biji sawit mudah sekali untuk dipecah karena ada penyusutan isi serta tercipta celah antara inti sawit serta cangkang. Inti kelapa sawit digunakan untuk dapat membuat minyak inti sawit tersebut dipecahkan dengan mesin yang memiliki nama ripple mill. Dengan menggunakan alat yang satu ini dapat mengambil inti sawit dengan sedikit kemungkinan intinya akan ikut pecah.

Sesudah terjadi dilakukan pemisahan inti bersama cangkangnya maka dilakukan pengepresan menghasilkan fibre serta biji kelapa sawit yang disebut juga dengan palm kernel cake. Sesudah dihasilkan produk cake ini, maka dapat dilakukan persiapan pengolahan untuk dapat memisahkan biji kelapa sawit dengan fiber. Di masa pemecahan serta pemisahan tersebut sisa produk dari inti sawit menghasilkan produk sampingan yang seringkali disebut dengan Palm Kernel Expeller. Sesudah dipisahkan, inti mengalami tahap ketiga yang digunakan untuk fermentasi. Proses mesin inti sawit fermentasi tersebut dilakukan dengan mengeringkan biji di suhu 60 derajat Celsius sampai 70 derajat Celsius.

Kernel Pressing

Proses kernel sawit berikutnya yaitu dengan pemrosesan kernel-pressing. Proses tersebut dilakukan dengan memasukan hasil preprocessing dari inti sawit pada sebuah kandang maupun barel dengan bentuk silinder yang memiliki lubang dan memiliki benang spiral terputus yang berputar. Silinder digunakan memang tidak begitu besar. Meskipun begitu produk kelapa sawit akan dipaksakan untuk dapat melewatinya. Sehingga akan mendapatkan Palm Kernel Oil. Sisa Palm Kernel oil ini disebut juga dengan cake yang akan di buang dari lubang anular. Proses yang satu ini, minyak kemungkinan mengalami kerusakan karena suhunya sangat tinggi. Maka itu, untuk menjaga minyak dari berbagai kerusakan dilakukan pendinginan menggunakan air. 

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information