Tipe Electric Motor Di Pabrik Sawit

Electric motor merupakan mesin yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik tersebut biasanya di gunakan pabrik sawit untuk menyalakan mesin dengan energi listrik. Dengan adanya electric motor tersebut energi listrik bisa di dapatkan dengan lebih mudah dan juga praktis, dari pada menggunakan energi manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Electric motor ini umumnya di gunakan di dunia industri contoh nya seperti pabrik sawit ini.

Tipe electric motor di pabrik sawit juga bermacam - macam tipenya. Tipe electric motor ada dc motor dan ac motor. Untuk dc motor ada motor shunt, motor series, permanen magnet dc, dan lain – lain. Dan untuk ac motor ada motor sinkron dan motor induksi. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang electric motor yang perlu anda ketahui.

Tipe Electric Motor Di Pabrik Sawit

1. Fungsi motor listrik di pabrik sawit

Seperti yang anda ketahui electric motor ini termasuk dalam salah satu peralatan konversi energi. Sebab cara kerja dari electric motor ini menggunakan energi listrik untuk menghasilkan gerak. electric motor ini berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi gerak atau mekanik. Electric motor ini menggunakan sifat dari kedua kutub magnet yaitu tolak menolak dan tarik menarik.

2. Merek electro motor di pabrik kelapa sawit

Electro motor untuk industri di pabrik kelapa sawit ini mempunyai merek yang beraneka ragam. Contohnya seperti Rockwell Automation, Toshiba, Franklin Electric, Allied Motion Technologies, dan lain – lain. Setiap merek tentunya memiliki harga yang berbeda beda, ada yang murah dan ada yang mahal sesuai dengan kualitas dari produk tersebut. Karena jika kualitas suatu produk bagus pastinya akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

3. Cara kerja motor listrik di pabrik sawit

Cara kerja motor listrik yaitu arus listrik yang berada dalam medan magnet akan menghasilkan gaya atau gerak. Apabila kabel yang membawa arus di bengkok kan dalam loop, maka kedua sisi loop akan berada di sudut yang searah dengan medan magnet akan mengalami gaya atau gerak yang berlawanan. Electric motor mempunyai loop pada dinamo nya yang memberikan tenaga putar yang lebih sama dengan medan magnet yang di hasilkan oleh susunan electromagnet biasanya disebut dengan kumparan medan.

4. Desain motor listrik untuk pabrik kelapa sawit

Motor listrik memiliki desain yang berbeda beda tiap - tiap jenisnya. Motor listrik di desain khusus untuk di gunakan di bidang industri seperti pabrik dan masih banyak lagi. Motor listrik tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk. Motor listrik harus di pilih untuk memenuhi persyaratan dinamis, mesin yang di gunakan tidak melebihi suhu motor pengenal. Menentukan karakteristik beban merupakan langkah pertama yang terpenting saat memilih motor listrik.

Agar semua ketentuan dan kebutuhan dari motor listrik yang anda gunakan dapat terakomodasi dengan baik. Sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan yang di butuhkan oleh perusahaan tersebut.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang electric motor atau motor listrik di pabrik sawit yang perlu anda tahu. Dengan adanya electric motor di dunia industri, proses pengolahan di pabrik sawit menjadi lebih mudah. Merek dan tipe dari electric motor ini juga bermacam – macam, bukan hanya untuk bidang industri saja di bidang lainnya electric motor ini juga di gunakan. Seperti di peralatan rumah tangga, mesin electric dan lain – lain. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information