Pompa menjadi salah satu komponen utama yang terdapat di dalam pabrik sawit. Ada berbagai tipe pompa di pabrik sawit yang memiliki fungsi masing-masing tergantung jenisnya. Tentu masih ada banyak yang belum mengerti sebenarnya terdapat jenis pompa apa saja. Untuk itu di sini akan dibahas terkait jenis-jenis pompa yang ada di pabrik sawit.

 

Namun, sebelum membahas terkait jenis pompa di pabrik sawit ada baiknya mengenal dahulu fungsi pompa di pabrik sawit. Secara umum pompa ada fungsi-fungsi tertentu yang dimiliki pompa pabrik sawit. Simak fungsi dari pompa pabrik sawit dalam ulasan berikut ini.

Fungsi Pompa di Pabrik Sawit

Pompa rupanya menjadi salah satu komponen penting dalam dunia industri kelapa sawit. Pabrik sawit sendiri memiliki berbagai jenis pompa. Setiap pompa memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Namun, secara umum fungsi pompa di pabrik sawit adalah untuk memindahkan cairan dari satu tank ke tank lain.

Tiap-tiap bagian dari tank yang dipindahkan ini memiliki jenis dan juga merek pompa yang berbeda. Biasanya jenis pompa dan merek pompa di pabrik kelapa sawit disesuaikan dengan kebutuhan. Ini karena tidak dapat satu pompa digunakan untuk mengakomodir kebutuhan seluruh bagian pemindahan. Apalagi tiap bagian pengolahan pasti memiliki kondisi minyak kelapa sawit yang berbeda-beda.

Tipe-Tipe Pompa Di Pabrik Sawit

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa tipe pompa berbeda-beda tergantung dengan fungsi dan tempatnya akan diaplikasikan. Ini karena cara kerja pompa di pabrik kelapa sawit berbeda untuk tiap tipe. Lalu ada tipe pompa apa saja yang hadir di pabrik kelapa sawit? Berikut beberapa di antaranya.

1. Crude Oil Pump

Pompa yang akan dibahas pertama adalah crude oil pump. Jadi pompa yang satu ini memiliki fungsi untuk memindahkan minyak dari crude oil tank ke distribution tank di bagian atas clarifier.

Crude oil tank sendiri merupakan tangki yang difungsikan untuk menampung serta memanaskan minyak kasar. Sedangkan distirbution tank adalah tangki yang digunakan untuk mendistribusikan crude oil ke bagian clarifier.

2. Oil Feed Pump

Selanjutnya tipe pompa yang ada adalah oil feed pump. Tipe pompa yang satu ini fungsinya untuk memompa minyak yang berasal dari wet oil tank agar berpindah ke purifier. Wet oil tank merupakan sebuah tangki yang berfungsi menampung minyak yang telah dipisahkan di clarifier. Sedangkan purifier alat yang digunakan untuk mengurangi kotoran yang ada pada minyak.

3. Waste Oil Pump

Tipe pompa lain yang akan di bahas di sini adalah waste oil pump. Pompa yang satu ini fungsinya memompa minyak kotor yang berasal dari waste oil tank meunju ke recycle oil tank. Waste oil tank merupakan tempat penampungan minyak kotor dari pemisahan purifier.

4. Vacuum Pump

Kemudian selanjutnya ada vacuum pump. Pada pompa inilah keadaan vakum diciptakan. Ini karena pompa ini berfungsi untuk menghisap air yang ada sehingga terciptalah keadaan vakum di dalam bejana.

5. Dried Oil Transfer Pump

Minyak yang telah dikurangi kadar airnya di dalam vacuum dryer kemudian akan berlanjut menuju ke pompa selanjutnya. Pompa yang dimaksud adalah dried oil transfer pump. Jadi pompa yang satu ini akan membantu mengalirkan minyak melalui magnetic trap untuk selanjutnya dibawa ke storage tank.

Semua pompa yang ada di atas memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing tergantung proses tempat pompa tersebut diletakkan. Tak heran jika desain pompa untuk pabrik kelapa sawit banyak memiliki perbedaan dari desain pompa industri umumnya. Ini karena fungsinya yang berbeda-beda.

Penjelasan seputar tipe-tipe pompa ini tentu akan memberikan pemahaman lebih banyak terkait jenis pompa serta fungsinya. Jika ingin mencari pompa-pompa tersebut pun caranya cukup mudah, karena ada website yang menjual berbagai peralatan pabrik kelapa sawit.

Salah satu tempat yang menjual peralatan pabrik kelapa sawit adalah mesinpks.com. Jadi jika mencari peralatan kelapa sawit, cukup kunjungi website tersebut.


We Are Leading Supplly Reliable Brand in Palm Oil Industries

In Palm Oil Mill, we supplied well known and reliable brand for customer satisfaction. We supply you the Global Leader product in Palm Oil Industries.

tec

Technology

We Provide Latest Technology Solutions for Palm Oil Industry..

guaran

Warranty

We Supply Well Known and Reliable Brand In Palm Oil Industry.

after

After Sales Service

We Provide Ready Stock Spareparts and Satisfied After Sales Service for your Satisfaction

ESTABLISHED Since 1993 - We are trading, disribution, technical and engineering company for the General Industry, such as Steel Mill, Paper Mill, Timber Factory and Palm Oil Industry.

whatsappnow

Clients & Partners

We offer quality tiling and painting solutions for interior and exterior.

wilmwar
sinarmas
musim mas
mp evans
anj
sampoerna agro

We promise our customer to give life long support for you

whatsappnow

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image