Di pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit terdapat beberapa stasiun kerja salah satunya yaitu Stasiun Rebusan buah sawit atau dikenal dengan Sterilizer. Sterilizer merupakan bejana bertekanan yang menggunakan uap dengan tekanan sekitar 3,0 kg/cm2, dimana uap ini digunakan untuk merebus buah kelapa sawit segar. Agar lebih mengenal beberapa tipe Sterilizer dan cara menghitung kapasitas sterilizer di pabrik sawit, simak uraiannya berikut ini.

 

Beberapa Tipe Sterilizer Pabrik Sawit

Secara umum beberapa tipe sterilizer di pabrik sawit terdiri dari: vertical sterilizer, horizontal Sterilizer, continious Sterilizer. Dimana semua jenis ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun saat ini yang umum digunakan adalah jenis vertical dan horizontal sterilizer. Sterilizer vertikal dinilai jauh lebih efektif, karena mampu melakukan proses perebusan serta pembersihan sekaligus, sehingga lebih efisien dan lebih cepat.

Cara Kerja Sterilizer Horizontal Di Pabrik Sawit

Seperti bahasan sebelumnya, tipe sterilizer yang umum digunakan saat ini adalah vertical sterilizer. Namun kelemahan vertikal sterilizer ini adalah banyaknya TBS yang staging, sehingga pada saat TBS matang maka buah masak bagian atas akan menekan bagian bawah. Hal ini menyebabkan lossis oil (kehilangan minyak) semakin tinggi. Dengan demikian, saat ini sudah banyak pabrik yang beralih ke sterilizer horizontal.

Cara kerja sterilizer Horizontal di Pabrik Sawit di pabrik sawit umumnya menggunakan sistem perebusan triple peak di pabrik sawit ( Sterilizer Horizontal). Waktu yang digunakan untuk 1 siklus adalah 90 menit yang dibagi dalam 3 tahap, yaitu :

  • First Peak, dengan tekanan sampai 1,5 Kg/cm2 (20 Psi).
  • Second Peak, yaitu dengan tekanan sampai 2,0 Kg/ cm2 (30 Psi).
  • Third Peak, dengan tekanan sampai 2,8-3,0 Kg/ cm2(40 Psi).


Waktu rebus yang harus diperhatikan setelah puncak pertama dan kedua dalam proses perebusan ini adalah pada puncak yang ketiga yaitu antara 43- 55 menit. Pada waktu ini sangat dipengaruhi oleh kematangan buah, lamanya buah menginap dan tekanan steam.

Sterilizer Horizontal Di Pabrik Sawit

Salah satu keuntungan menggunakan Sterilizer Horizontal adalah Buah tidak bersinggungan langsung dengan dinding, sehingga bahan olah tidak mungkin menyebabkan bejana menjadi korosi. Beberapa komponen Sterilizer Horizontal di pabrik sawit antara lain:

  • Main steam inlet.
  • Auxiliary steam inlet.
  • Kondensat c/w strainer.
  • Deaerasi.
  • Exhaust.
  • Safety valve.
  • Pressure gauge.
  • By-pass kondensate (berbentuk orifice dg diameter 10 mm – 15 mm).


Cara Menghitung Kapasitas Sterilizer Vertical Di Pabrik Sawit

Adapun cara menghitung kapasitas sterilizer vertical di pabrik sawit tergantung dari jumlah tabung sterilizer yang ada di pabrik. Kapasitas sterilizer adalah kemampuan perebusan menyediakan jumlah TBS masak per jam yang siap untuk diproses. Untuk kapasitas sterilizer ini dapat dicari dengan persamaan sebagai berikut :

Kapasitas Sterilizer : S x N x C x 60 / T

dimana :

S : jumlah tabung rebusan yang ada di pabrik.

N : jumlah Lori yang dapat ditampung dalam 1 (satu) tabung rebusan.

C : kapasitas isi masing-masing lori.

T : waktu proses sterilizer (steam time + waktu buka dan tutup rebusan).

Tujuan Perebusan/Sterilizer Di Pabrik Sawit

Penggunaan Sterilizer pada pabrik sawit dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan tanpa banyak memerlukan tenaga manusia. Adapun tujuan-tujuan lain dari stasiun Sterilizer ini yaitu.

  • Mempermudah proses pelepasan brondolan buah sawit dari TBS.
  • Menghilangkan enzim penghasil asam lemak bebas.
  • Mempermudah proses pelepasan kernel dari cangkangnya.
  • Dehidrasi buah untuk membantu proses digesting atau pelumatan (di mesin digester) serta pengepressan di mesin screw press .
  • Membantu proses pemecahan emulsi.


Itulah beberapa uraian mengenai tipe dan cara menghitung kapasitas sterilizer di pabrik sawit. Jika ingin mencari peralatan pabrik sawit yang lengkap, sekarang tidak perlu repot repot ke luar negeri karena sudah ada produsen yang berasal dari Indonesia. Salah satunya yaitu PT. Kharismapratama Abadisejatindo. Perusahaan ini menyediakan peralatan pabrik sawit yang lengkap dengan kualitas terbaik di Indonesia.


We Are Leading Supplly Reliable Brand in Palm Oil Industries

In Palm Oil Mill, we supplied well known and reliable brand for customer satisfaction. We supply you the Global Leader product in Palm Oil Industries.

tec

Technology

We Provide Latest Technology Solutions for Palm Oil Industry..

guaran

Warranty

We Supply Well Known and Reliable Brand In Palm Oil Industry.

after

After Sales Service

We Provide Ready Stock Spareparts and Satisfied After Sales Service for your Satisfaction

ESTABLISHED Since 1993 - We are trading, disribution, technical and engineering company for the General Industry, such as Steel Mill, Paper Mill, Timber Factory and Palm Oil Industry.

whatsappnow

Clients & Partners

We offer quality tiling and painting solutions for interior and exterior.

wilmwar
sinarmas
musim mas
mp evans
anj
sampoerna agro

We promise our customer to give life long support for you

whatsappnow

Style Selector

Layout Style

Predefined Colors

Background Image