Automation Rebusan Vertikal Pabrik Sawit, Sebuah Mesin Penting Di Pabrik Sawit

Category: Blog Written by permana Hits: 266

Pabrik sawit adalah tempat yang berisi banyak mesin-mesin pengolahan sawit, salah satunya adalah automation rebusan vertikal pabrik sawit. Mesin yang satu ini juga sering disebut dengan vertical sterilizer. Vertical sterilizer di pabrik sawit ini memiliki peranan penting di dalam pabrik sawit. Bahkan semua pabrik sawit wajib memiliki mesin rebusan ini. Walaupun sebenarnya automation rebusan tidak hanya dalam bentuk vertikal. Automation rebusan ini juga ada yang horizontal.

Namun faktanya penggunaan automation rebusan vertikal pabrik sawit dianggap lebih memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tipe yang horizontal. Salah satu kelebihannya adalah lebih hemat ruang. Hal inilah yang membuat banyak pabrik kelapa sawit yang menggunakan automation rebusan vertikal. Ada banyak fakta penting yang wajib diketahui tentang  automation rebusan vertikal ini.

Fakta-Fakta Penting Seputar Automation Rebusan Vertikal

Automation rebusan vertikal merupakan kebutuhan penting yang wajib diketahui oleh siapa saja yang ada di dalam pabrik. Melalui fakta-fakta ini, akan lebih terlihat betapa pentingnya peran automation rebusan vertikal di dalam pabrik kelapa sawit. Apa saja fakta-fakta penting tersebut? Berikut ini uraian  lengkapnya:

1. Sebagai Mesin Yang Memiliki Banyak Fungsi

Mesin yang satu ini memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi dari mesin ini antara lain, mempermudah pelepasan brondolan sawit, membantu pelepasan karnel dan membantu pemecahan emulsi. Semua peran ini jelas sangat penting sekali. Bahkan bisa dikatakan jika proses pengolahan utama buah sawit ada pada mesin automation rebusan vertikal. Dari mesin ini akan didapatkan bahan mentah untuk diolah lagi.

2. Berada Di Stasiun Perebusan

Automation rebusan vertikal juga diletakkan di tempat khusus pada pabrik sawit. Tempat khusus ini bernama stasiun perebusan. Di stasiun perebusan ini biasanya ada lebih dari satu mesin automation rebusan vertikal. Alasan mengapa harus ada lebih dari satu karena muatan dari mesin ini biasanya hanya sekitar 25 ton saja. Untuk mengoptimalkan proses pengolahan buah sawit, maka dibutuhkan lebih dari satu rebusan vertikal.

3. Tidak Membutuhkan Lori Dan Rel

Pada rebusan horizontal dibutuhkan lori dan juga rel untuk proses pengangkutan. Namun hal ini berbeda pada rebusan vertikal yang tidak membutuhkan lori dan rel. Hal inilah yang membuat mesin rebusan ini lebih hemat ruang. Bentuknya yang ke atas, membuat pabrik kelapa sawit lebih terlihat tertata dengan rapi. Masalah ruang ini sangat penting sekali, apalagi bila pabrik kelapa sawit berada di areal yang terbatas.

4. Design Vertical Sterilizer Sangat Efisien

Desain dari rebusan vertikal juga sangat efisien. Dengan bentuk yang seperti tabung tegak, mesin ini jauh lebih optimal cara kerjanya. Bentuk mesin yang tidak membulat seperti bola membuat mesin tidak makan tempat serta mesin ini lebih mudah dipantau. Dengan desain yang efisien ini, pemasangan rebusan vertikal juga tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan tenaga ahli khusus untuk melakukan pemasangan rebusan vertikal.

5. Komponen Sterilizer Vertical

Komponen rebusan vertikal (sterilizer vertical) ini juga ada banyak. Dua komponen utama yaitu tabung penampung buah sawit dan tutup pintu rebusan. Ukuran kedua komponen ini sangat besar karena memang harus bisa menampung banyak buah sawit.  Alat ini juga sering disebut automation BPV pabrik sawit karena kinerjanya yang menggunakan optimasi tenaga uap.

Mesin yang satu ini bisa didapatkan dari supplier mesin pabrik kelapa sawit. Salah satu supplier mesin pabrik kelapa sawit yang tepercaya adalah  PT. Kharismapratama Abadisejatindo. Supplier yang satu ini menjual mesin rebusan untuk pabrik kelapa sawit yang ada di Indonesia.