Pompa Air Di Pabrik Kelapa Sawit Yang Sering Digunakan

Di dalam pabrik minyak kelapa sawit dibutuhkan alat yang dapat menunjang kebutuhan serta produktivitas dari pengolahan tersebut. Tidak hanya didukung oleh mesin dan sparepart yang berkualitas saja. Namun juga didukung oleh pompa dengan spesifikasi yang baik. Salah satunya adalah pompa air di pabrik kelapa sawit. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa jenis pompa yang digunakan di pabrik kelapa sawit.

Jenis Pompa Air yang Sering Digunakan Di Pabrik Kelapa Sawit

Pompa merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan fluida cair dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Di pabrik kelapa sawit sendiri terdapat berbagai macam jenis pompa yang memiliki fungsi serta cara kerja masing-masing. Berikut ini beberapa jenis pompa yang digunakan di pabrik kelapa sawit.

1. Pompa Air Di Pabrik Kelapa Sawit

Semua pabrik minyak kelapa sawit pasti membutuhkan air bersih untuk kepentingan pengolahan. Baik untuk air pendingin, pencucian, umpan boiler hingga keperluan domestik. Pada umumnya sumber air yang digunakan berasal dari sungai atau anak sungai. Maka dari itu diperlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk produksi sawit. Salah satu hal yang diperlukan adalah pompa air.

Pompa air di pabrik kelapa sawit bertujuan untuk membantu proses pengolahan air sungai menjadi lebih bersih dan layak digunakan. Dalam hal ini, pengolahan bertujuan untuk mengurangi serta menghilangkan zat yang tidak diperlukan. Dengan demikian air tersebut akan memenuhi syarat atau kriteria yang sudah ditetapkan. Berikut ini beberapa pompa air yang digunakan di industri kelapa sawit.

  • Pompa water intake. Water intake pump ini digunakan untuk memompa air dari sungai hingga sedimentasi pond.
  • Raw water pump. Pompa ini berfungsi untuk memompa air bahan baku yang akan dilakukan pengolahan.
  • Water basin pump. Pompa air ini digunakan untuk mentransfer air yang sudah diendapkan ke dalam bak pengendap. Selanjutnya masuk ke dalam pressure sand filter.
  • Regenerasi pump. Regenerasi pump digunakan untuk mengalirkan air yang sudah dilakukan treatment ke dalam unit penukar kation.
  • Deaerator water pump. Pump yang satu ini digunakan untuk mentransfer air dari bak penampung ke dearator.

2. Pompa Limbah Di Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Semua pabrik minyak kelapa sawit pasti mengeluarkan limbah dari pengolahan yang dilakukan, baik cair maupun padat. Untuk volume limbah cair yang dihasilkan sendiri dapat mencapai 40.000 m³ setiap hari. Dengan angka yang cukup besar tersebut tentu menuntut setiap perusahaan sawit untuk menanggulanginya. Sehingga akan memberikan nilai positif terhadap pengolahan limbah yang dilakukan.

Dalam pengolahan limbah cair di pabrik minyak kelapa sawit tentu membutuhkan alat yang akan menunjang kebutuhan tersebut. Pompa limbah di pabrik minyak kelapa sawit merupakan salah satu alat penting dalam hal ini. Pompa ini didukung dengan jaringan pipa PVC yang terdiri dari pipa utama, pipa sekunder dan pipa tersier. Berikut ini dua jenis limbah cair yang dihasilkan serta diolah dengan pompa yang berbeda-beda.

  • CPO di pabrik kelapa sawit. Dalam pabrik kelapa sawit akan menghasilkan minyak kasar yang merupakan hasil pengepresan buah sawit. Yang selanjutnya akan dialirkan menuju stasiun penjernihan. Minyak jernih yang dihasilkan di stasiun penjernihan tersebut dinamakan CPO atau Crude Palm Oil. CPO tersebut akan ditransfer ke tangki timbung hingga waktu pengiriman ke pelanggan tiba. Dalam hal ini pompa CPO di pabrik kelapa sawit akan digunakan. Yaitu untuk memompa CPO ke distribution tank di atas clarifier.
  • Minyak kotor di pabrik sawit. Miko atau minyak kotor merupakan limbah sawit cair yang dihasilkan oleh pabrik sawit. Limbah cair ini dikelola menggunakan pompa minyak kotor di pabrik sawit. Sehingga selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan baku biodiesel.

3. Pompa Dosing Bahan Kimia Di Pabrik Kelapa Sawit

Salah satu pompa yang penting dalam industri kelapa sawit adalah pompa dosing bahan kimia. Pompa dosing bahan kimia di pabrik kelapa sawit ini berfungsi untuk mengalirkan larutan bahan kimia ke dalam clarifier tank. Proses pengaliran larutan bahan kimia ini dilakukan dengan cara injeksi dari tangki bahan kimia ke tangki clarifier.

Terdapat banyak sekali jenis pompa yang digunakan di pabrik kelapa sawit. Meskipun demikian untuk menunjang hasil produktivitas, harus didukung oleh pompa yang berkualitas dan memiliki spesifikasi bagus. Untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai pompa di industri kelapa sawit dapat menghubungi nomor yang sudah disediakan.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information