Harga Screw Press Pabrik Kelapa Sawit Beserta Bagian-Bagian Mesinnya

Category: Blog Written by permana Hits: 314

Screw press merupakan mesin yang sudah tidak asing lagi di dunia pabrik kelapa sawit. Mesin ini berfungsi untuk memproses biji inti kelapa sawit yang telah dibersihkan. Hasil mesin screw press adalah minyak kelapa sawit jenis Crude Palm Oil. Minyak jenis ini kemudian masuk ke dalam proses penyaringan guna menghasilkan minyak kelapa sawit murni yang siap dipasarkan. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui terkait harga screw press pabrik kelapa sawit beserta bagian-bagiannya :

Bagian Utama Mesin Screw Press

Mesin screw press memiliki banyak komponen di dalamnya mulai dari komponen yang berukuran kecil hingga komponen yang berukuran besar.Selain itu, mesin ini juga memiliki beberapa bagian utama yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Berikut beberapa bagian utama dari mesin screw press yang bisa diketahui :

1. Double Screw

Double screw merupakan bagian utama dari mesin screw press yang terbuat dari baja tuang dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung pada kapasitas yang dilayani. Sistem kerja dari double screw memiliki batas waktu tertentu hingga terjadi pergantian spare part berikutnya. Double screw harus segera diganti pada kondisi tertentu misalnya screw patah.

2. Press Silinder

Press silinder terbuat dari plat baja yang ditambah dengan plat mild steel dengan tebal 8 mm. Bagian ini terdiri dari dua bulatan yang terhubung pada bagian tengahnya. Pada bagian press silinder ini serabut daging buah sawit tidak ikut masuk ke cairan minyak yang telah di press.  

3. Casing/Body

Casing atau body merupakan bagian terluar dari screw press. Bagian ini terbuat dari plat mild steel yang berukuran minimal 10 mm dengan bentuk kontak yang dilengkapi pintu di sebelah kanan, kiri, dan atas. Pada bagian atas terdapat dua buah pintu yang digunakan untuk melihat kondisi press silinder dan menghubungkan screw press dengan corong umpan digester.

4. Gear Box

Gear box terdapat pada bagian belakang body screw press. Bagian dalam gear box terdiri dari primary dan secondary screw yang dihubungkan dengan gear. Hal ini bertujuan supaya double screw bisa berputar berlawanan arah. Gearbox biasanya dilengkapi dengan selang sight glass di bagian sisinya dan lubang intip di bagian atasnya.

5. Hydraulic Double Cone

Hydraulic double cone merupakan alat yang ditambahkan ke dalam screw press. Bagian ini ditambahkan dengan tujuan memberikan tekanan lawan terhadap daya dorong double screw pada ampas kempa. Ampas kempa yang ditekan dengan menggunakan alat ini akan keluar dari massa pressed melalui press silinder.

Harga Screw Press Pabrik Kelapa Sawit

Screw press pabrik kelapa sawit memiliki fungsi untuk melakukan press buah sawit menjadi inti sawit. Mesin ini tersedia dalam beberapa kapasitas yaitu P10, P15, P20, bahkan sampai pada merk P30. Mesin screw press harus dijaga sebaik mungkin supaya hasil press tetap berada dalam kondisi yang baik.

 Salah satu cara menjaga mesin screw press adalah dengan menjaga kondisi sparepart yang ada di dalam mesin screw press seperti press cage, worm screw, dan lain sebagainya. Harga mesin screw press pabrik kelapa sawit dibanderol sekitar 800 juta rupiah atau lebih.

Tempat Jual Sparepart Screw Press CB Modipalm

Jika pemilik pabrik kelapa sawit ingin mengetahui secara lebih lanjut mengenai harga screw press P15 PKS, harga CB modipalm palmiteco screw press PKS, dan harga screw press P15 CB modipalm maka bisa langsung menghubungi secara langsung PT. Kharismapratama Abadisejatindo pada nomor telepon +62 61 8469822 – 8469806 – 8472878 atau lihat website: www.kharisma-sawit.com

Selain itu, PT. Kharismapratama Abadisejatindo juga melayani jual sparepart screw press CB modipalm yang ditawarkan dengan harga kompetitif. Harga sparepart mesin pabrik sawit dibanderol sekitar 6 juta rupiah atau lebih tergantung dari jenis sparepart dan kualitasnya.