Stasiun Press Pabrik Kelapa Sawit, Mesin Utama Dalam Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Category: Blog Written by permana Hits: 218

Dalam sebuah pabrik atau perusahaan kelapa sawit, tentu dibutuhkan sebuah tempat untuk mengolah buah kelapa sawit yang telah masak bernama stasiun press. Stasiun press ini menjadi komponen yang sangat penting dalam pengolahan minyak terutama kelapa sawit. Perbedaan stasiun press pabrik kelapa sawit juga bisa menjadi penentu keberhasilan dalam proses ekstraksi. Untuk lebih lanjut mengenai mesin yang satu ini, simak informasinya berikut ini!

Apa Fungsi Dari Stasiun Press?

Berbicara mengenai stasiun press pabrik kelapa sawit, alat yang satu ini akan menjadi sarana mesin tempat untuk pengambilan minyak dari buah atau mengempa. Fungsi dari stasiun press sendiri antara lain:

Komponen Yang Ada Dari Mesin Press

Berbicara mengenai pabrik kelapa sawit, tentu terdapat alat-alat berat yang ada di dalamnya. Bahkan komponen mesin press kelapa sawit ini terbilang sangat banyak. Alat ini memiliki komponen utama seperti Worm Screw. Worm screw ini ini merupakan mesin lanjutan dari proses pemisahan minyak tersebut.

Tidak hanya itu, dalam komponen mesin press kelapa sawit ini juga terdapat mesin screw press p15. Screw press tersebut akan menjadikan buah sawit terbilang terpress sempurna.  Komponen dari mesin press kelapa sawit ini terdiri dari komponen yang berukuran kecil hingga besar.

Cara Kerja Dari Screw Press

Prinsip pertama dari screw press part ini yaitu dengan menekan bahan lumatan dalam tabung yang berlubang dengan alat ulir yang berputar. Hal tersebut tentunya diatur dalam besarnya tekanan dan disesuaikan dengan volume bahan yang akan dipress. Tekanan kempa ulir tersebut diatur dengan2 buah kerucut yang berada pada ujung pengempa.

Tekanan yang ada mengakibatkan ampas basah dan juga kehilangan minyak antara ampas dan nut. Dalam proses pengolahan kelapa sawit ini, screw press parts ini berfungsi untuk mempermudah dalam pemisahan dan juga pengaliran minyak pada Feeder Screw.

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Screw Press

Alat ini memanfaatkan putaran yang ada dari double screw press untuk mengekstrak minyak keluar dari gumpalan fibre. Faktor yang mempengaruhi kinerja alat ini meliputi tipe dan juga tekanan yang ada. Air pengecer juga akan berpengaruh terhadap cara kinerja dari alat screw press ini.

Bagaimana Cara Perawatan Dari Mesin Press?

Ada banyak sekali stasiun press kelapa sawit yang tersedia. Namun sayangnya, tidak semua perusahaan penyedia mesin ini memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, perlunya membeli di tempat yang terpercaya dan juga terbukti kualitasnya. Anda bisa mendapatkan supplier mesin press yang terbukti bagus dan berkualitas di PT. Kharismapratama Abadisejatindo dan bisa menghubunginya melalui telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878.

Meskipun memiliki kualitas yang baik, namun melakukan perawatan mesin screw press juga tidak boleh diabaikan. Cara perawatan mesin ini bisa dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan melakukan perawatan pencegahan atau dikenal dengan istilah preventive maintenance atau perawatan prediksi.

Perawatan pencegahan ini bisa dengan melakukan perawatan harian mingguan, bulanan maupun tahunan. Berbeda halnya dengan perawatan prediksi yang dilakukan dengan pemantauan kondisi dari mesin press tersebut. Hal ini menjadikan prediksi kapan mesin press tersebut diperbaiki ataupun dilakukan service.

Stasiun press pabrik kelapa sawit tentunya menjadi sebuah alat yang sangat penting dalam mengolah bahan baku kelapa sawit. Ketika salah dalam memilih alat tersebut, tentu dalam produksi minyak kelapa sawit tersebut akan terganggu. Adanya berbagai kapasitas yang ada juga bisa menjadikan pilihan untuk disesuaikan kebutuhan.