Pelet Kayu, Idola Baru di Negara 4 Musim

Pelet Kayu, Idola Baru di Negara 4 Musim

Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai banyak hasil alam. Salah satunya adalah kelapa sawit. Sudah tidak terhitung berapa banyak pabrik kelapa sawit yang ada di Indonesia. Apalagi, setelah diketahui bahwa hampir semua bagian kelapa sawit dapat diolah dan digunakan. Bukan lagi rahasia, jika kini energi biomassa mulai melejit dan banyak dilirik.

Hal ini ikut berbanding lurus dengan permintaan mesin biomassa sawit yang semakin meningkat. Namun, ada satu hal yang terlewatkan, yaitu pelet kayu yang kini menjadi pujaan, terutama di negara 4 musim. Pelet kayu mulai dilirik sebagai pengganit batubara, baik sebagian atau seluruhnya menggunakan pelet kayu di PLTU batubara. Selain itu, pelet kayu juga digunakan sebagai penghangat ruangan dan juga kompor biomassa.

Indonesia sendiri sudah banyak menghasilkan mesin pelet biomassa, yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Nantinya mesin ini akan mengepres atau memadatkan serbuk kayu yang merupakan bahan biomassa menjadi pelet kayu. Nantinya pelet kayu ini juga bisa digunakan sebagai bagan bakar kayu di pabrik, di industri pembangkit tenaga listrik, pada boiler, dan masih banyak lagi.

Mengingat permintaan mesin pembuat pelet biomassa sawit terus meninggi, hal ini juga ada kaitannya dengan pelet kayu, yang menjadi bintang utama dari semua proses ini. Untuk pemasaran pelet kayu di dalam negri sendiri diatur dengan model paket yang lengkap dengan kompor atau burner, yang juga akan digunakan sebbagai pengganti LPG. Permintaan akan pelet kayu bukan hanya tinggi di luar negri, namun juga di dalam negri.

Penyebabnya adalah negara tujuan ekspor batubara, yaitu Korea Selata, Jepang, Cina dan India pelan tapi pasti mulai beralih menggunakan pelet kayu. Alasannya tidak lain tidak bukan adalah kualitas pelet kayu yang jauh lebih baik dibandingkan bahan bakar, ramah lingkungan, dan juga pelet kayu termasuk sebagai energi terbarukan. Fakta di lapangan pun menunjukkan bahwa Cina mulai melarang pemakaian batu bara di negaranya, yang hanya membawa dampak polusi dan emisi sulfur yang tinggi.

Sementara itu, di Australia dan AS pun ikut meminimalkan pemakaian batubara. Hal ini seharusnya menjadi hal yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia. Sebagai penghasil kelapa sawit yang cukup banyak dan juga terkenal di dunia, seharusnya Indonesia pun bisa secara perlahan mengganti pemakaian batubara dengan pelet kayu. Semakin banyak mesin biomassa sawit diproduksi, akan semakin cepat Indonesia beralih memakai pelet kayu.

Nantinya, diprediksi batu bara akan tergantikan dengan pelet kayu karena beberapa alasan, seperti:

  • Pelet kayu adalah energi sekaligus bahan bakar terbarukan yang selalu ada dan juga ramah lingkungan
  • Produksi karbon jauh lebih rendah dibandingkan batu bara
  • Biaya listrik pelet kayu sama dengan yang dihasilkan oleh gas alam, yang notabene lebih murah dari batubara
  • Jika permintaan pelet kayu terus bertambah, maka akan membawa nampak baik untuk pembuat mesin pelet tandan kosong sawit, karena permintaan untuk mesin juga akan meningkat
  • Jika permintaan dari seluruh dunia tiba ke Indonesia, maka dapat meningkatkan pendapatan masyarakat

Proses pembuatan pelet kayu sendiri cukup mudah, namun tetap diperlukan bantuan dari tenaga mesin untuk menghemat waktu. Pelet kayu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu pelet batang, pelet bagas, pelet serbuk gergaji dan pelet ranting. Mengingat Indonesia adalah negara yang mempunyai potensi besar untuk mengembangkan pelet kayu, maka ada baiknya pemerintah dan juga para pengusaha serta segenap masyarakat melakukan usaha terbaik agar pelet kayu ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi masa depan generasi penerus bangsa.

Jika pelet kayu saja sudah jadi pujaan di negara lain, maka sudah seharusnya Indonesia pun ikut menjadikan pelet kayu sebagai sebuah terobosan baru.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information