Seluk Beluk Screw Press, Mesin Inti di Pabrik Kelapa Sawit

Seluk Beluk Screw Press, Mesin Inti di Pabrik Kelapa Sawit

Screw press pada pabrik kelapa sawit merupakan salah satu jenis mesin inti yang berperan penting pada proses pengolahan kelapa sawit. Fungsi screw press pada pabrik kelapa sawit sendiri adalah, untuk memberikan tekanan serta memeras berondolan kelapa sawit yang telah dicincang untuk mendapatkan minyak kasarnya. Dengan bantuan pisau-pisau pelempar, kelapa sawit diaduk secara bertahap. Setelahnya, akan dimasukkan ke dalam feed screw conveyor lalu memberikan dorongan untuk masuk ke mesin pengempa. Tekanan yang diberikan screw press akan membuat minyak keluar dan dipisahkan dari serabut dan bijinya.

Satuan screw press sawit adalah ton TBS/jam. Ukuran yang digunakan akan menyesuaikan dengan kapasitas olahan pabrik. Screw press pabrik kelapa sawit terbagi menjadi beberapa bagian inti, di mana masing-masing bagian mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda satu sama lain. Antara lain:

  1. Double screw. Terbuat dari bahan baja tuang, double screw mempunyai ukuran yang berbeda tergantung kapasitas olah. Sistem kerjanya adalah double screw mempunyai batas waktu tertentu hingga penggantian spare part selanjutnya. Kecuali, jika screw patah artinya harus diganti dengan segera.
  2. Press silinder. Atau, ada juga yang menyebutnya dengan istilah press cage. Terbuat dari plat baja yang ditambahkan plat mild steel dengan tebal 8 mm agar lebih kokoh. Seperti kacamata, press silinder terdiri dari dua bulatan yang terhubung di bagian tengahnya. Pada bagian ini, serabut daging buah sawit tidak ikut tersaring ke cairan minyak yang sudah melewati proses tekanan. Bagian luar screw press terbuat dari plat mild steel dengan ketebalan minimal 10 mm yang berbentuk kotak, serta mempunyai pintu di bagian kanan, kiri dan atas. Di bagian atas ada 2 pintu yang mempunyai fungsi berbeda. Satu pintu untuk melihat kondisi press silinder, sementara yang lain untuk menghubungkan screw press dengan corong umpan digester.
  3. Gear box. Letaknya ada di bagian belakang body screw press. Di dalamnya ada screw utama dan screw kedua yang dihubungkan dengan gear agar putaran doube screw berlawanan arah. Sayangnya di bagian ini sering terjadi beberapa masalah, seperti minyak pelumas yang kurang, patahnya bearing akibat tekanan yang berlebihan, dan juga kualitas bearing yang tidak sesuai.
  4. Hydraulic double cone. Alat ini ditambahkan pada screw press agar mampu memberikan tekanan lawan kepada daya dorong double screw di ampas kempa. Selanjutnya, minyak akan keluar dari massa pressed melalui press silinder.

Sama seperti mesin lain yang ada di pabrik kelapa sawit, screw press juga harus mendapat perawatan. Tipe perawatan mesin screw press cukup beragam, mulai dari perawatan harian, perawatan mingguan, hingga perawatan bulanan. Perawatan ini disebut dengan perawatan pencegahan ayng tujuannya mencegah kerusakan pada mesin screw press, sehingga diharapakan mesin dapat beroperasi dengan lancar dan tidak menjadi hambatan dalam proses produksi. Selain itu, dengan adanya perawatan pencegahan dapat diprediksi kapan kira-kira screw press harus diperbaiki, diganti atau diservis. Jika perawatan yang dilakukan benar, maka akan memperpanjang masa guna screw press dan tentu menghemat pengeluaran pabrik.

Namun jika kondisi screw press sudah memburuk dan tidak dapat digunakan lagi, segera dapatkan screw press dan menggantinya dengan yang baru. Ada cukup banyak toko yang jual screw press dan terbuat dari bahan berkualitas. Alat dalam keadaan bagus, bisnis pun dapat terus berjalan lancar.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information