Pompa Air Di Pabrik Kelapa Sawit Yang Sering Digunakan

Di dalam pabrik minyak kelapa sawit dibutuhkan alat yang dapat menunjang kebutuhan serta produktivitas dari pengolahan tersebut. Tidak hanya didukung oleh mesin dan sparepart yang berkualitas saja. Namun juga didukung oleh pompa dengan spesifikasi yang baik. Salah satunya adalah pompa air di pabrik kelapa sawit. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa jenis pompa yang digunakan di pabrik kelapa sawit.

Jenis Pompa Air yang Sering Digunakan Di Pabrik Kelapa Sawit

Pompa merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan fluida cair dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Di pabrik kelapa sawit sendiri terdapat berbagai macam jenis pompa yang memiliki fungsi serta cara kerja masing-masing. Berikut ini beberapa jenis pompa yang digunakan di pabrik kelapa sawit.

1. Pompa Air Di Pabrik Kelapa Sawit

Semua pabrik minyak kelapa sawit pasti membutuhkan air bersih untuk kepentingan pengolahan. Baik untuk air pendingin, pencucian, umpan boiler hingga keperluan domestik. Pada umumnya sumber air yang digunakan berasal dari sungai atau anak sungai. Maka dari itu diperlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk produksi sawit. Salah satu hal yang diperlukan adalah pompa air.

Pompa air di pabrik kelapa sawit bertujuan untuk membantu proses pengolahan air sungai menjadi lebih bersih dan layak digunakan. Dalam hal ini, pengolahan bertujuan untuk mengurangi serta menghilangkan zat yang tidak diperlukan. Dengan demikian air tersebut akan memenuhi syarat atau kriteria yang sudah ditetapkan. Berikut ini beberapa pompa air yang digunakan di industri kelapa sawit.

  • Pompa water intake. Water intake pump ini digunakan untuk memompa air dari sungai hingga sedimentasi pond.
  • Raw water pump. Pompa ini berfungsi untuk memompa air bahan baku yang akan dilakukan pengolahan.
  • Water basin pump. Pompa air ini digunakan untuk mentransfer air yang sudah diendapkan ke dalam bak pengendap. Selanjutnya masuk ke dalam pressure sand filter.
  • Regenerasi pump. Regenerasi pump digunakan untuk mengalirkan air yang sudah dilakukan treatment ke dalam unit penukar kation.
  • Deaerator water pump. Pump yang satu ini digunakan untuk mentransfer air dari bak penampung ke dearator.

2. Pompa Limbah Di Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Semua pabrik minyak kelapa sawit pasti mengeluarkan limbah dari pengolahan yang dilakukan, baik cair maupun padat. Untuk volume limbah cair yang dihasilkan sendiri dapat mencapai 40.000 m³ setiap hari. Dengan angka yang cukup besar tersebut tentu menuntut setiap perusahaan sawit untuk menanggulanginya. Sehingga akan memberikan nilai positif terhadap pengolahan limbah yang dilakukan.

Dalam pengolahan limbah cair di pabrik minyak kelapa sawit tentu membutuhkan alat yang akan menunjang kebutuhan tersebut. Pompa limbah di pabrik minyak kelapa sawit merupakan salah satu alat penting dalam hal ini. Pompa ini didukung dengan jaringan pipa PVC yang terdiri dari pipa utama, pipa sekunder dan pipa tersier. Berikut ini dua jenis limbah cair yang dihasilkan serta diolah dengan pompa yang berbeda-beda.

  • CPO di pabrik kelapa sawit. Dalam pabrik kelapa sawit akan menghasilkan minyak kasar yang merupakan hasil pengepresan buah sawit. Yang selanjutnya akan dialirkan menuju stasiun penjernihan. Minyak jernih yang dihasilkan di stasiun penjernihan tersebut dinamakan CPO atau Crude Palm Oil. CPO tersebut akan ditransfer ke tangki timbung hingga waktu pengiriman ke pelanggan tiba. Dalam hal ini pompa CPO di pabrik kelapa sawit akan digunakan. Yaitu untuk memompa CPO ke distribution tank di atas clarifier.
  • Minyak kotor di pabrik sawit. Miko atau minyak kotor merupakan limbah sawit cair yang dihasilkan oleh pabrik sawit. Limbah cair ini dikelola menggunakan pompa minyak kotor di pabrik sawit. Sehingga selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan baku biodiesel.

3. Pompa Dosing Bahan Kimia Di Pabrik Kelapa Sawit

Salah satu pompa yang penting dalam industri kelapa sawit adalah pompa dosing bahan kimia. Pompa dosing bahan kimia di pabrik kelapa sawit ini berfungsi untuk mengalirkan larutan bahan kimia ke dalam clarifier tank. Proses pengaliran larutan bahan kimia ini dilakukan dengan cara injeksi dari tangki bahan kimia ke tangki clarifier.

Terdapat banyak sekali jenis pompa yang digunakan di pabrik kelapa sawit. Meskipun demikian untuk menunjang hasil produktivitas, harus didukung oleh pompa yang berkualitas dan memiliki spesifikasi bagus. Untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai pompa di industri kelapa sawit dapat menghubungi nomor yang sudah disediakan.

Mesin Palm Expeller Kelapa Sawit, Mempermudah Pengolahan Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, mulai daun, buah, biji, hingga pohonnya pun bisa dimanfaatkan dalam industri. Dalam proses pengolahannya banyak produk yang dihasilkan dari kelapa sawit, dengan menggunakan mesin palm kernel expeller kelapa sawit. Salah satu produk yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak inti kelapa sawit adalah palm kernel oil (PKO) yang sangat bermanfaat.

Untuk mendapatkan supplier Mesin palm kernel expeller kelapa sawit yang terpercaya bisa menghubungi PT. Kharismapratama Abadisejatindo atau lihat web: www.kharisma-sawit.com

Produk Palm Kernel Oil

Pengolahan inti kelapa sawit menjadi bisnis yang menjanjikan, yang sebenarnya bertujuan untuk mengambil inti kelapa sawit. Menggunakan mesin kernel memisahkan inti kelapa sawit dari kotoran, batang dan hama. Proses ini menghasilkan produk yang salah satunya disebut PKO, yang memiliki nilai jual lebih tinggi daripada bahan mentah. Walaupun membutuhkan proses yang sangat panjang untuk menghasilkan PKO yang layak konsumsi.

Nilai jualnya tinggi karena PKO memang lebih banyak dimanfaatkan oleh industry karena kandungan nutrisinya. Untuk mendapatkan manfaat palm kernel oil sawit membutuhkan proses yang panjang dan lama, menggunakan berbagai mesin. Hal itu karena dari proses pembuatan kelapa sawit PKO yang dihasilkan masih kotor, harus dilakukan pengolahan lebih lanjut menggunakan mesin press bungkil inti sawit.

Pemanfaatan PKO Untuk Industry

Kernel kelapa sawit adalah minyak yang dihasilkan dari biji kelapa sawit yang merupakan minyak nabati yang layak konsumsi. Memiliki titik jenuh lebih tinggi dibandingkan kelapa sawit, dengan kandungan 47-50 % minyak inti sehingga jika dipanaskan akan berwarna lebih gelap. PKO dimanfaatkan untuk beberapa hal seperti:

  • Bahan makanan. Dari minyak PKO dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dari makanan seperti margarin, minyak goreng atau minyak makanan. Juga bisa dimanfaatkan sebagai asam lemak nabati yang dimanfaatkan dalam industri makanan. Selain sebagai bahan baku, PKO juga biasa digunakan sebagai aditif dalam pembuatan cokelat, es krim, pakan ternak, Vanaspati dan berbagai jenis makanan ringan. Banyak sekali bukan manfaat PKO untuk bahan makanan atau bahan baku di industry makanan.
  • Kosmetik dan obat. Dari PKO juga dapat dihasilkan berbagai kosmetik dan obat-obatan yang berbentuk cream, shampoo, losion, pomade dan vitamin. Pemanfaatan PKO atau minyak sawit dikarenakan tingginya kandungan vitamin E yang disebut tocopherol dan tocotrienol. Selain kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kulit, kosmetik dengan bahan dasar PKO ini lebih mudah diserap kulit.
  • Industri berat dan ringan. Dalam industry PKO juga digunakan sebagai bahan pembuatan oleochemical. Oleo kimia turunan seperti glycerol, fatty acid, fatty alcohol, fatty amines, fatty ester dan senyawa lain yang membutuhkan subtrat lemak. Selain itu bahan PKO juga dimanfaatkan untuk bahan baku beberapa produk seperti, cat, pasta gigi, farmasi, plastic, kerosene. Dari PKO juga dihasilkan beberapa senyawa atau zat kimia anti oksidan yang baik untuk kesehatan.

Melihat banyaknya manfaat PKO sawit ini wajar saja jika Harga palm kernel oil (PKO) indonesia cukup tinggi. Namun harga PKO cenderung fluktuatif dan belum bisa stabil seperti minyak kelapa sawit. Hal ini dikarenakan produksinya juga belum stabil, tidak seperti produksi minyak kelapa sawit. Sehingga harganya pun tidak stabil bergantung pada banyak atau sedikitnya produk PKO yang dihasilkan.

Pabrik Kernel Kelapa Sawit

Jumlah hasil produksi tidak akan lepas dari proses produksi dan pabrik yang digunakan untuk memproduksi kernel kelapa sawit. Pembangkit listrik pabrik kernel sawit sangat penting untuk mendukung proses produksi PKO, untuk menjalankan mesin palm kernel expeller. Dengan pembangkit listrik yang terjamin maka akan menghasilkan jumlah PKO yang mencukupi.

Pengolahan PKO Dengan Menggunakan Mesin Press Kernel Kelapa Sawit

Minyak kernel kelapa sawit atau PKO merupakan minyak yang berasal dari biji kelapa sawit. Minyak ini termasuk minyak nabati yang bisa dikonsumsi oleh manusia. PKO (Palm Kernel Oil) ini memiliki komposisi asam lemak yang hampir mirip dengan minyak kelapa. Salah satu perbedaan keduanya adalah minyak kelapa berwarna merah jingga, sedangkan PKO berwarna lebih kekuningan. Berikut pengolahan PKO dengan menggunakan mesin press kernel kelapa sawit :

Persiapan Pengolahan Biji Kelapa Sawit

Persiapan pengolahan biji kelapa sawit dilakukan sebelum inti kelapa sawit diolah dengan menggunakan mesin press kernel kelapa sawit. Biji kelapa sawit kemudian diberikan perlakuan sedemikian rupa sehingga menghasilkan inti kelapa sawit. Berikut beberapa persiapan pengolahan biji kelapa sawit yang bisa diketahui :

1. Proses Pengambilan Biji Kelapa Sawit

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum proses pembuatan minyak inti kelapa sawit adalah proses pengambilan biji kelapa sawit.Proses ini dilakukan dengan mengambil biji kelapa sawit dari dalam buah sawitnya. Caranya adalah dengan membuka buah kelapa sawit kemudian mengambil inti sawit yang ditemukan di dalamnya.

2. Pembersihan Inti Sawit

Pembersihan inti kelapa sawit dilakukan untuk mempermudah efisiensi ekstraksi minyak dari inti kelapa sawit. Hal ini dilakukan guna menghilangkan kontaminasi material metal lainnya yang kemungkinan ada pada produk minyak olahan.

3. Mengurangi Kadar Air Inti Kelapa Sawit

Inti kelapa sawit harus dilakukan pengurangan kadar air supaya proses pemecahan biji sawit mudah untuk dilakukan. Biji sawit kemudian akan mengalami pemecahan dengan menggunakan mesin yang bernama ripple mill. Hasil dari pemecahan ini adalah terpisahnya inti dan cangkang biji.

4. Proses Pengepresan

Proses selanjutnya dari pengolahan inti sawit adalah proses pengepresan yang akan menghasilkan fiber serat biji kelapa sawit atau disebut dengan palm kernel cake. Untuk proses ekstraksi palm kernel cake ini dapat bermanfaat dalam menjadikan palm kernel cake untuk pakan ternak.

5. Proses Fermentasi

Sebelum proses ini dilakukan, biji kelapa sawit harus dipisahkan dengan fiber. Kemudian, setelah dipisahkan inti kemudian mengalami proses fermentasi dengan suatu mesin tertentu. Proses fermentasi inti kelapa sawit ini dilakukan dengan cara mengeringkan biji kelapa sawit pada suhu 60 derajat hingga 70 derajat celcius.

Pengolahan Minyak Inti Kelapa Sawit Menggunakan Mesin Press Kernel Kelapa Sawit

Tahapan selanjutnya yang dilakukan untuk membentuk minyak inti kelapa sawit atau PKO adalah proses kernel-pressing dengan menggunakan mesin press kernel kelapa sawit. Proses ini dilakukan dengan memasukkan hasil pre-processing inti kelapa sawit dalam sebuah kandang maupun barel. Barel yang digunakan berbentuk silinder yang memiliki lubang dan benang spiral terputus yang memutar.

Meskipun silinder yang digunakan tidak terlalu besar, tetapi produk kelapa sawit akan dipaksa untuk melewatinya sehingga dapat menghasilkan PKO. Sisa adari PKO ini kemudian juga disebut sebagai cake yang dibuang melalui lubang anular. Pada proses ini, minyak memiliki kemungkinan untuk rusak karena suhu yang tinggi.

Oleh karena itu, pada proses ini dilakukan pendinginan minyak dengan air untuk mencegah berbagai kerusakan. Setelah semua selesai dilakukan, maka akan dilakukan penyaringan dengan mesin vertical leaf filter di pabrik kernel kelapa sawit. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan PKO yang murni dari Crude Oil.

Tempat Jual Berbagai Macam Mesin Pengolahan Kelapa Sawit

Diatas sudah dijelaskan beberapa hal terkait pengolahan PKO dengan menggunakan mesin press kernel kelapa sawit. Jika Anda membutuhkan berbagai macam mesin yang berhubungan dengan pengolahan kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit maupun PKO, silahkan Anda datang ke PT. Kharismapratama Abadisejatindo atau lihat website: www.kharisma-sawit.com

Anda juga bisa menghubungi kontak +62 61 8469822 – 8469806 -8472878 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Selain itu, tersedia kontak di Jakarta dengan telepon 082110867733 atau melalui email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821 / 082110867733
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information