Pentingnya Melakukan Servis Boiler Uap Pabrik Kelapa Sawit Untuk Menghasilkan Uap Berkualitas

Pentingnya Melakukan Servis Boiler Uap Pabrik Kelapa Sawit Untuk Menghasilkan Uap Berkualitas

Di dalam pabrik kelapa sawit banyak sekali alat-alat serta mesin yang akan mengolah kelapa sawit hingga menghasilkan suatu minyak dengan kualitas terbaik. Salah satu mesin pengolah sawit yang tergolong penting atau bahkan disebut juga sebagai jantungnya pabrik kelapa sawit adalah ketel uap atau boiler uap. Dikatakan demikian karena dengan adanya mesin ketel uap ini, merupakan sumber atau penyupply tenaga serta sumber uap yang digunakan dalam mengolah setiap kelapa sawit.

Ketel uap atau boiler uap ini merupakan suatu alat yang mampu mengkonversi energi dengan cara mengubah air sehingga menjadi uap melalui proses pemanasan, dan dengan demikian energi panas yang akan dibutuhkan air untuk proses penguapannya dapat diperoleh dari adanya pembakaran yang terjadi pada bagian ruang bakal di ketel uap. Dan alat yang sangat membutuhkan energi dari adanya uap adalah turbin uap untuk penggerak generatornya, selain itu juga alat yang membutuhkan uap seperti pada bagian sterilizer dan stasiun pemurnian minyak atau klarifikasi.

Banyak sekali produsen yang Jual boiler uap pabrik sawit dengan kualitas dan mutu terjamin, sehingga kinerja yang akan dihasilkan di pabrik pun akan maksimal. Dengan menggunakan mesin uap yang berkualitas baik maka tentunya masa mesin atau masa penggunaan mesin pun akan semakin lama sehingga tak perlu terlalu sering mendapatkan kendala yang membutuhkan adanya Servis boiler uap pabrik kelapa sawit.

Spesifikasi boiler (ketel uap) pada pabrik kelapa sawit

Penggunaan ketel uap atau boiler memiliki beberapa spesifikasi yang pada umumnya banyak di gunakan pada perusahaan atau pabrik pengolah kelapa sawit. Dan adapun beberapa spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Ketel uap (boiler) di pabrik sawit pada umumnya memiliki kapasitas uap sekitar 20 ton uap/jam
  • Tekanan yang dibutuhkan adalah 20 kg/jam
  • Temperatur uap yang dibutuhkan adalah 2800 celcius
  • Temperatur pada air umpan adalah 900 celcius
  • Untuk efisiensi ketel uap adalah sebanyak 75%
  • Untuk bahan bakar dengan serabut sebanyak 75%
  • Untuk bahan bakar dengan cangkang sebanyak 25%

Itulah beberapa spesifikasi dari ketel uap atau boiler di pabrik sawit. Dan jika ingin mengetahui spesifikasi Harga boiler uap pabrik sawit terbaru, bisa cari tahu melalui media internet. Karena banyak sekali produsen yang bersedia Jual ketel uap pabrik kelapa sawit dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan uap di pabrik kelapa sawit anda.

Peran Penting Ketel Uap PKS

Pada umumnya pabrik sawit membutuhkan sebanyak 2 unit boiler dengan kapasitas olahnya adalah 45 ton tandan buah segar (TBS)/jam. Dan ketel uap yang dipakai adalah ketel uap yang mampu menghasilkan uap superheated. Jenis ketel uap yang digunakan untuk pabrik sawit sendiri adalah ketel pipa air yang cara kerjanya yaitu memanaskan air yang berada di dalam pipa oleh api yang terdapat di luar pipa.

Melihat betapa pentingnya peran ketel uap atau boiler pada pabrik sawit, maka tentunya perawatan terhadap steam maupun alat penghasil uap ini perlu untuk di lakukan. Dan jika mengalami kerusakan segera servis atau mengganti steam dengan membeli pada produsen yang Jual steam boiler pks. Karena jika ketel uap mengalami kendala atau kerusakan akan berpengaruh juga pada kualitas uap yang dihasilkan, serta berpengaruh pada kelancaran alat-alat lainnya yang memerlukan uap sebagai sumber energinya.

Demikianlah ulasan mengenai ketel uap atau boiler uap yang sangat berperan penting di dalam pabrik kelapa sawit, semoga informasi ini bermanfaat.

Tahapan Serta Indikator Penting Dalam Keberhasilan Projek Limbah Biogas PKS

Tahapan Serta Indikator Penting Dalam Keberhasilan Projek Limbah Biogas PKS 

Kelapa sawit yang merupakan bahan yang memiliki nilai guna yang sangat tinggi. Selain bisa menghasilkan minyak kelapa sawit yang sangat berharga, beberapa bagian dari kelapa sawit yang merupakan limbahnya pun masih bisa di olah menjadi sangat bermanfaat. Salah satu pengolahan ini adalah menjadikan limbah sawit menjadi biogas. Biogas ini bisa dimanfaatkan untuk tenaga pembangkit listrik, selain itu biogas merupakan suatu gas yang ramah lingkungan.

Pembuatan limbah cair dari pabrik sawit menjadi suatu biogas tentunya memerlukan rangkaian proses yang cukup panjang. Ketersediaan bahan-bahan pembuat seperti substrat ( perikarp sawit, tandan kosong sawit, dan lumpur LPKS) dan Inkolum ( kombinasi antara kotoran ternak dengan eceng gondok) yang difermentasi atau dicampurkan selama sepuluh hari. Oleh karena itu perlu sekali membeli berbagai alat pada produsen yang Jual sistem biogas pabrik sawit dengan kualitas yang terbaik.

Kini semakin hari Teknologi biogas pabrik sawit sudah semakin canggih dalam pengolahan biogas sawit. Hal ini juga tentunya didukung dengan berbagai alat yang digunakannya yaitu seperti bioreaktor, gas holder, kemudian waterbath sebagai inkubatornya, gelas ukur, serta selang plastik. Semuanya saling bergantung dan mempengaruhi satu sama lain menjadi suatu sistem demi menghasilkan biogas yang bisa bermanfaat.

Tahapan dan Indikator dalam pembuatan biogas pabrik kelapa sawit

Di dalam Projek biogas limbah pks terdapat beberapa tahapan agar bisa menghasilkan biogas ramah lingkungan yang sangat bermanfaat, khususnya bisa digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik. Dan adapun beberapa tahapan di dalam pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Pada tahapan awal adalah tahapan dimana bakteri akan melakukan hidrolis polimer. Hal ini bisa dilakukan dengan adanya bantuan enzim selulase pada bagian polimer karbohidrat, protein di hidrolisis dengan bantuan enzim protease, serta menghidrolisis lemak dengan bantuan enzim lipase.
  2. Di tahapan kedua adalah melakukan proses sidogenesis dengan adanya bantuan bakteri asam, yaitu melakukan perombakan yang akan menghasilkan gas karbon dioksida, gas hidrogen, senyawa asam lemak yang dimiliki rantau pendek, alkohol, asam laktat, serta senyawa asetat.
  3. Tahapan ini juga masih disebut dengan tahapan asidogenesis , yaitu proses menghasilkan asam asetat dengan bantuan bakteri asetat, menghasilkan adanya karbon gas dioksida serta gas hidrogen dengan menggunakan proses yang sama.
  4. Dan proses akhir dari pembuatan gas biogas adalah menghasilkan gas metana dari gas hidrogen, asetat, kemudian gas karbon dioksida yang terlebih dahulu telah dirombak oleh bakteri metan, serta gas hidrogen, yang semuanya ini akan mampu menghasilkan gas karbon dioksida serta gas metana.

Itulah beberapa tahapan dalam proses pembuatan Limbah pabrik sawit untuk biogas. Dan selain beberapa tahapan di atas masih terdapat beberapa indikator yang turut mempengaruhi keberhasilan pembuatan biogas agar bisa bermanfaat yaitu sebagai berikut:

  1. Suhu yang konstan
  2. Adanya laju pembebanan dari substrat dan bobot padatan pada volatil
  3. Kesimbangan antara nitrogen dan karbon demi menghasilkan biogas yang maksimal
  4. Substrat (fosfor, lemak, protein dan karbohidrat)
  5. Mencegah adanya inhibitor yang dapat menghambat produksi ( logam terlarut, logam alkali tanah, antibiotik serta sulfida)
  6. pH normal
  7. waktu retensi

Itulah tahapan serta indikator di dalam pembuatan biogas dari kelapa sawit yang sudah banyak kita ketahui bahwa manfaatnya yang sangat besar seperti mampu menjadi Pembangkit listrik tenaga biogas kelapa sawit yang tentunya tidak merusak lingkungan. Oke sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Jual FOSS NIR Pabrik Sawit yang Sangat Akurat

Jual FOSS NIR Pabrik Sawit yang Sangat Akurat

Salah satu hal yang tidak dapat dihindari dari proses pengolahan tandan buah sawit segar menjadi minyak kelapa sawit adalah adanya oil losses. Meskipun hal ini tidak dapat dihindari, namun masih bisa diminimalisir agar tidak terlalu banyak menglami kehilangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi canggih NIR DA 1650 (Near Infra Red).

Salah satu penggunaan metode teknologi yang bisa mengukur oil losses dengan akurat adalah dengan menggunakan Foss NIR. Metode NIR ini memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi dan hasil dari penghitungan oil losses pun sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 1 menit saja. Metode ini telah di pakai sejak lama, hingga sampai sekarang masih banyak pengusaha kelapa sawit yang menggunakan metode ini dalam penghitungan dan menganalisis oil losses yang terjadi. Dan untuk mendapatkannya tidak sulit, karena sudah banyak produsen yang Jual FOSS NIR pabrik sawit.

Distributor yang Jual alat analisa losses pabrik sawit maupun jual alat deteksi losses pabrik sawit hingga saat ini masih banyak di dominasi oleh Negara Eropa yang senantiasa menggunakan teknologi tebaru. Dengan demikian tak perlu diragukan lagi mengenai segi kualitas dan keakuratan yang akan di dapatkan, karena nilai yang di dapatkan dari penghitungan oil losses pada alat ini telah memenui standar baku, maka pihak perusahaan ataupun pabrik kelapa sawit (PKS) akan bisa melihatnya secara langsung.

Sampel dalam menentukan oil losses

Standar error dalam menentukan oil losses sudah semakin kecil, karena kini sampel di pabrik kelapa sawit sudah mencapai 1100-1400 yang sengaja dikumpulkan untuk didefinisikan. Dan adapun macam-macam sampel tersebut adalah:

  1. Sampel condensat
  2. Sample fibre EFB
  3. Sampel fibre dari screw press
  4. Sampel Sludge separator

Sampel tersebut membuat penghitungan oil losses lebih akurat dan bisa diketahui dengan cepat. Bahkan sesungguhnya tidak hanya oil losses saja yang bisa di analisa, analisa pupuk misalnya, merupakan salah satu hal penting yang biasa dilakukan dalam pengolahan kelapa sawit. Dan tentunya kini sudah banyak yang Jual alat analisa pupuk kelapa sawit dengan kualitas dan keakuratan yang tinggi pula.

Macam-macam penghitungan oil losses dalam pengolahan tandan buah segar (TBS) Sawit

Terdapat beberapa macam penghitungan dalam menganalisis oil losses yang biasa terjadi pada saat pengolahan tandan buah segar. Dan adapun macam-macamnya adalah sebagai berikut:

  1. Oil losses tandan kosong
  2. Oil losses kondensat sterilizer
  3. Oil losses fibre press
  4. Oil losses sludge waste
  5. Oil losses klarifikasi
  6. Oil losses unstripped bunches

Untuk bisa meminimalisir oil losses, setiap perusahaan atau pabrik sawit tentunya akan melakukan berbagai upaya. Karena jika tingkat oil losses yang terjadi dalam kapasitas besar,maka tentunya perusahaan atau pabrik kelapa sawit akan mengalami kerugian yang besar pula, oleh karena itu sebisa mungkin tingkat oil losses diupayakan agar sekecil mungkin. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan meningkatkan kinerja dari masing-masing stasiun pengolahan yang bisa di modifikasi agar lebih maksimal dan lebih baik dalam pengolahannya.

Demikianlah ulasan mengenai salah satu alat yang sangat berguna di pabrik kelapa sawit adalah dengan menggunakan metode NIR yang memiliki keakuratan yang tak perlu diragukan lagi. Bagi para pengusaha alat ini sepertinya sangat perlu untuk dimiliki, pengusaha bisa membeli pada yang jual alat deteksi oil loss pks yang berkualitas terbaik. Oke sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information