News Update

×

Message

Failed loading XML... Opening and ending tag mismatch: hr line 1 and body Opening and ending tag mismatch: body line 1 and html Premature end of data in tag html line 1

Penjelasan Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit Lengkap

Penjelasan Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit Lengkap

Pabrik pengolahan kelapa sawit tentunya membutuhkan mesin serta pembangkit daya, salah satu mesin  yang ada di pabrik kelapa sawit yaitu turbin uap. Yang mana turbin uap dioperasikan untuk dapat menggerakkan generator listrik serta memiliki fungsi untuk pembangkit daya hingga tegangannya bisa ditransfer terhadap peralatan-peralatan pengolahan.

Keuntungannya yaitu nilai ekonomi tinggi, karena uap dibutuhkan tidak produktif sebagai bahan bakarnya. Turbin uap shinko bisa menghasilkan daya besar serta uap bekas, dari turbin tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan peralatan pengolahan seperti yang terdapat pada alat perebusan / sterilizer, bpv serta ketel uap. Dari hasil riset diperoleh, 800 KW, putaran 5400 rpm, sedang jenis turbin yang digunakan yaitu turbin dresser rand.

Energy adalah unsur sangat penting pada usaha untuk meningkatkan kuantitas hidup masyarakat. Seiring meningkatkan taraf hidup maupun kuantitas masyarakat, kebutuhan pada energy tentunya diperlukan sekali. Sekarang, konsumsi energy berhubungan secara langsung dengan tingkat kuantitas kehidupan penduduk dan derajat industrilisasi suatu Negara. Salah satu energy sangat banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari yaitu energy listrik, karena sumber energy efektif maupun efisien dapat di konversikan menjadi bentuk energy lain seperti suatu pembangkit tenaga adalah shinko steam turbine generator.

Salah satunya yaitu turbin uap. Yang mana turbin uap termasuk juga pada kelompok pesawat-pesawat konversi energy potensial uap sehingga menjadi energy mekanik terhadap poros turbin uap. Poros turbin uap secara langsung maupun dengan bantuan rod gigi dengan reduksi yang dihubungkan dengan mekanisme yang di gerakkan. Tujuan dari turbin uap bisa digunakan terhadap berbagai bidang industry, transportasi, penerangan lampu dan untuk pembangkit tenaga listrik.

Turbin uap ini digunakan sebagai fluida kerja, hingga akan menghasilkan bahan bakar seperti di pabrik kelapa sawit, bahan bakar turbin uap yaitu untuk membangkitkan besarnya tenaga uap hingga turbin uap mendistribusikan pada tiga bagian seperti melalui pipa-pipa rebusan, minyak serta pressan yang mana digunakan untuk proses pengolahan.

Tetapi sebelum dimanfaatkan untuk proses pengolahan, sebaiknya  terlebih dhulu memiliki fungsi untuk dapat menghidupkan panel-panel listrik digerakkan oleh generator listrik hingga generator listrik memutarkan turbin uap. Pada hal tersebut, shinko steam turbine manual mampu menggerakkan berbagai alat yang ada pada pabrik sawit dengan daya sangat besar hingga generator dapat menghasilkan energy kinetic menjadi energy listrik.

Analisa Turbin Uap

Turbin uap sebagai mesin konversi  energy yang merubah energy potensial uap sehingga menjadi energy kinetic terhadap nosel serta berikutnya diubah menjadi energy mekanis terhadap sudu-sudu turbin dipasang terhadap poros turbin. Energy mekanis dihasilkan dengan bentuk tubuh putaran poros turbin yang bisa secara langsung atau bantuan roda gigi reduksi yang dihubungkan dengan mekanisme untuk dapat digerakkan dengan perhitungan turbin uap yang dapat mempengaruhi pergerakannya. Untuk menghasilkan energy, mekanisme digerkan pada poros turbin.

Penggerak yang memiliki tenaga listrik seperti pada turbin tersebut memiliki kelebihan seperti :

-          Menghasilkan panas yang sangat baik.

-          Pengontrolan putaran sangat efektif.

-          Bisa menyesuaikan panasnya lingkungan di sekeliling.

-          Uap yang bekas untuk ketel uap serta rebusan.

Siklus rankine yaitu siklus teoritis yang mendasari siklus kerja dari pembangkit daya uap. Siklus rankine berbeda sekali dengan siklus-siklus udara ditinjau berasal dari fluida kerja yang mengalami perubahan fase selama evaporasi serta kondensasi, maka itu fluida kerja untuk siklus rankine merupakan uap yang terdiri dari 2 jenis siklus, yaitu :

-          Siklus terbuka, yang mana sisa uap dari turbin secara langsung digunakan untuk keperluan proses.

-          Siklus tertutup, yang mana uap bekas turbin ini dimanfaatkan lagi dengan mendinginkannya terhadap kondensor, lalu dialirkan lagi pada pompa serta seterusnya hingga siklus tersebut tertutup.

Berdasarkan pembentukannya terdapat 2 jenis turbin uap, adalah :

-          Uap air / kabut air adalah uap yang memiliki bentuk diatas permukaan air, sebagai akibat penurunan tekanan diatas permukaan air hingga tekanan penguapan berdasarkan dengan temperatut permukaan air.

-          Uap air / uap didih, yaitu uap yang terbentuk diakibatkan pendidihan air. Air tersebut akan mendidih jika tekanan serta temperature yang ada pada kondisi didih, yaitu terhadap tekanan serta temperature. Pada peristiwa mendidih, maka pembentukkan uap tersebut terjadi terhadap seluruh bagian fluida, kadar uap naik dari 0 – 1. Uap terbentuk terhadap tekanan serta temperature didih disebut uap yang jenuh. Jika uap jenuh dipanaskan terhadap tekanan tetap, maka uap menerima panas lanjut / temperature naik, uap demikian disebut dengan uap panas lanjut.

Komponen turbin uap pembangkit tenaga berasal dari perencanaan turbin uap, berdasarkan dengan hasil riset pada server. Untuk dapat membangkitkan energy listrik terhadap turbin yang dibutuhkan sejumlah uap dalam kondisi tertentu. Sesuai penetapan data spesifikasi analisa bisa diperoleh keadaan uap dibawah ini :

-          Tekanan uap masuk turbin

-          Tekanan uap keluar turbin

-          Temperature uap masuk turbin

Klasifikasi Turbin Uap

Turbin uap dibagi menjadi beranekaragam jenis turbin uap menurut kontruksinya, proses panas dengan kondisi awal serta akhir yang digunakan pada industry. Hindari peledakan yang dapat terjadi pada pabrik kelapa sawit ini, harus merawat komponen mesin yang terdapat di pabrik, paling penting untuk dirawat yaitu terletak pada bagian boiler. Jika boiler pabrik kelapa sawit meledak, maka harus dilakukan penyervisan atau diganti dengan yang baru. Saran kami sebaiknya diservice dahulu, jika tidak memungkinkan sebaiknya beli lagi yang baru.

Berdasarkan jumlah tingat tekanan, diantaranya :

-          Turbin uap tingkat tekanan tnggal, untuk beberapa tingkat tekanan kecepatan, umumnya digunakan menggerakan kompresor

-          Turbin dresser rand dengan memiliki satu tingkatan, dibuat untuk kapasitas yang memiliki tenaga kecil hingga lebih besar.

Berdasarkan arah aliran uapnya, diantaranya :

-          Turbin aksial, yang mana uap tersebut mengalir terhadap arah yang sejajar melewati sumbu turbin.

-          Turbin radial, yang mana uap tersebut mengalir terhadap arah yang tegak lurus melewati arah sudu turbin.

Berdasarkan jumlah silinder, diantaranya :

-          Turbin silinder tunggal.

-          Turbin silinder ganda.

-          Turbin silinder tiga.

-          Turbin dengan silinder lebih dari tiga / multi silinder.

Berdasarkan kontruksi poros, diantaranya  :

-          Turbin as tunggal / turbin multi silinder dengan rotornya dipasang terhadap satu porong yang sama serta dihubungkan pada generator tunggal.

-          Turbin multi aksial, turbin bersama as rootr dipisahkan untuk setiap silinder yang ditempatkan sejajar satu bersama yang lainnya.

Berdasarkan prinsip kerja uap, diantaranya :

-          Turbin dresser rand / turbin aksi, yang mana energy potensial uap diubah menjadi energy kinetic hingga menjadi energy listrik.

-          Turbin reaksi aksial, yang mana ekspansi uap diantara sudu-sudu gerak terhadap setiap tingkat terjadi pada luas yang sama.

-          Turbin reaksi radial / tanpa sudu-sudu pengarah yang diam.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information