News Update

×

Message

Failed loading XML... Opening and ending tag mismatch: hr line 1 and body Opening and ending tag mismatch: body line 1 and html Premature end of data in tag html line 1

Penjelasan Tentang Vacuum Dryer Kelapa Sawit

Penjelasan Tentang Vacuum Dryer Kelapa Sawit

Proses mesin pabrik kelapa sawit salah satunya yaitu di statiun klarifikasi kelapa sawit, yang mana proses pemurnian minyak kelapa sawit kasar dan penyimpanan harus berdasarkan dengan standar yang sudah ditetapkan. Industry dari kelapa sawit ini adalah industry paling popular. Industry tersebut memiliki perkembangan yang pesat di Indonesia. Usaha ini bukan usaha baru di industry Indonesia. Hasil yang diberi dari adanya industry kelapa sawit ini merupakan minyak kelapa sawit.

Penggunaan minyak ini memang kini semakin dikembangkan. Perkembanggannya juga tentunya mempunyai perlatana serta mesin-mesin yang khusus dalam penggarapannya, dan prosesnya juga lumayan panjang. Fungsi dari statiun pemurnian merupakan untuk memisahkan antara minyak dari fase lainnya dengan pemurnian tersebut agar tidak terjadi penurunan mutu. Dibawah ini terdapat unit pemurnian minyak, diantaranya :

-          Stand trap tank

-          Vibrating screen

-          Crude oil tank

-          Clarifiasi tank

-          Oil tank

-          Sludge tank

-          Decanter

-          Sludge separator

-          Oil furifer

-          Vacuum dryng

Dibawah ini akan dijelaskan dari salah satu unit diatas, yaitu vacuum dryer palm oil mill.  

Mesin vacuum dryng merupakan alat yang berguna untuk mengeringkan produk terhadap suhu rendah dengan konstan. Prinsip kerja dari alat yang satu ini hampir sama dengan vacuum frying. Perbedaan utamanya yaitu alat ini tidaka menggunakan minyak untuk penggorengan. Cara kerjanya juga hanya melakukan pemesanan terhadap produk disertai proses pemakuman / hampa.

Spesifikasi Mesin Vacuum Drying

Fungsi : mesin ini untuk mengeringkan produk pada temperature yang rendah dengan temperature konstan.

Kapasitas : 12 rak

Type : vD-12

Dimensi  lemari : 1600 mm x 1900 mm x 1220 mm

Dimensi kolam pendingin : 2000 mm x 1200 mm x 1200 mm

Material rak : pelat lubang atau plat datar (optional)

Material rangka mesin : stainless stell anti karat

Bahan material : plat stainless seteel anti karat

Material kolam : stainless steel anti karat

Pump power : 800 watt

Pemanas : elektro motor / motor listrik

Daya / power : 2000 watt

Energy : listrik

Tegangan listrik : 220 volt

Frekuensi listrik : 50 Hz / 60 Hz

Dilengkapi dengan : radiator serta thermometer

Fungsi Mesin Vacuum Drying

Fungsi utama mesin vacuum drying oil ini merupakan salah satu untuk mengurangi kadar air. Misalnya pada produk sawit salah satunya yang tidak tahan dengan panas atau bahan makanan yang harus mengurangi kadar air. Selain itu, dapat juga digunakan untuk tepung-tepungan sebagai bahan obat atau herbal. Terdapat banyak produk tersebut. Tentunya pengeringan dengan vacuum tersebut memiliki manfaat bagi kelayakan produk.

Cara Kerja Mesin Vacuum Drying

Mesin vacuum dryer kelapa sawit tersebut menggunakan system pemanasan dengan menggunakan metode vacuum terhadap suhu yang rendah. Proses pemanasan biasa, suhu titik didih bahan bisa mencapai hingga titik tinggi, diakibatkan hasil pemanasan bahan akan kurang maksimal serta dapat gosong.

Berbeda sekali dengan pemanasan biasa, mesin vacuum drying ini bekerja menurunkan tekanan terhadap lemari pemanasan. Serta suhu didalamnya akan semakin turun. Dengan tekanan yang dibuat vacuum, maka suhu turun semakin jauh dan dapat dilakukan pemanasan terhadap suhu yang rendah.

Dengan poses yang satu ini lalu bahan-bahan yang seharusnya tidak dapat dipanaskan lebih, pada akhirnya dapat dipanaskan serta menghasilkan produk yang tidak rusak dan bagus. Dengan pemasanan seperti itulah sampai akhirnya mesin bisa menghasilkan produk dengan memiliki kandungan nutrisi masih utuh.

Proses pengolahan produk-produk, pada saat vacuum dryer kelapa sawit masih dilakulan dengan menggunakan pemanasan terhadap tekanan (-) 70 hingga (-) 65 cm Hg, suhu tersebut diterapkan terhadap proses pengolahan bahan – bahan  yaitu 85 hingga 90? Indikator kematangannya yaitu kaca pengintai telah jernih serta gelembung air dilemari telah hampir habis, gelembungnya merata dan kecil.

Mesin vacuum drying juga dilengkapi dengan bak atau kolam pendingin yang memiliki fungsi untuk dapat mendinginkan kinerja pompa secara terus-menerus melakukan proses pemakuman. Adanya kolam pendingin ini, tentunya kinerja pompa dapat lebih awet serta terjaga.

System peletakan produk terhadap mesin vacuum drying tersebut menggunakan system rak. Rak tersebut dibuat dengan bentuk rak berlubang serta rak tanpa lubang. Rak berlubang biasanya untuk produk yang memiliki dimensi sedikit besar, sementara untuk rak tidak ada lubangnya biasanya untuk produk biji-bijian / tepung.

Proses panjang untuk dapat menjadikan minyak yang mentah kelapa sawit hingga akhirnya menjadi minyak kelapa sawit yang digunakan ini memang beragam sekali. Dengan pengembangan kelapa sawit ini semakin di kelola secara baik tentunya akan membuat palm oil mill community dapat menjaga dengan baik oil purifier system and process pada saat mengunakan vacuum oil purifier dalam mengolah sawit yang terdapat pada masing-masing tempat pemrosesan oil purifier machine.

Kelebihan Menggunakan Vacuum Drying

-          Menghasilkan produk memiliki tingkat kekeringan jauh lebih baik.

-          Bahan dipanaskan tidak akan rusak.

-          Hasil pemanasan jauh lebih baik apabila dipanaskan dengan menggunakan pemanasan biasa.

-          Pemanasan lebih merata.

-          Bahan mesin terbuat dari pelat jenis stainless steel, hingga aman bagi produk yang memerlukan tingkat keamanan yang tinggi.

-          Harga murah serta terjangkau.

-          Baik sekali untuk mengeringkan jenis tepung-tepungan bahan herbal serta obat-obatan.

Selain kami menyedikan vacuum drying juga menyediakan mesin vacuum dryer kelapa sawit / mesin penggorengan vakum, mesin penggorengan rendah suhu. Dengan menyedikan berbagai ukuran, dimulai dari ukuran kecil hingga yang besar. Dapat disesuaikan juga dengan kebutuhan budget anda.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information