Treshing Station, Stasiun dengan Sistem yang Sederhana

Treshing Station, Stasiun dengan Sistem yang Sederhana

Tahap lanjutan yang ada di pabrik kelapa sawit adalah memisahkan buah dari janjangnya dengan cara membanting tandan buah segar ke drum thresher. Pada stasiun ini ada beberapa bagian alat atau mesin yang dalam prosesnya punya kaitan satu sama lain. Hasil dari proses ini adalah memisahkan brondolan dari tandannya. Brondolan ini sendiri akan dibawa ke stasun press dengan fruit elevator atau conveyor untuk diekstraksi. Selanjutnya, tandan kosong akan dibawa ke lokasi penimbunan sementara untuk diubah menjadi pupuk.

Hoist crane adalah salah satu alat yang cukup penting di stasiun ini. Alat ini adalah pesawat angkat yang dipakai untuk memindahkan lori berisi cook fruit bunch ke hopper thresher. Siklus pengoperasiannya sendiri adalah gerakan naik-lambat, naik-cepat, turun-lambat, turun-cepat, maju-lambat, maju-cepat, dan memutar. Pada hoist crane ini ada bagian-bagian utama yang penting, seperti chain sprocket dan rotary chain, hook frame, wire rope, wire drum, traveling motor/gear box, tilt up tilt down, I-Beam, coil spring cable, serta wire rope pulley.

Alat pengangkat atau hoist inverter akan berhubungan dengan rantai yang menjadi penopang berat dari lori yang diangkat. Maka penting untuk menjaga bagian ini dan agar tidak mengalami kerusakan dan mengganggu sistem kerjanya. Ada cukup banyak produsen yang jual hoist inverter, jual wirerope crane swf, dan jual wirerope crane demag jika memang Anda terpaksa harus mencari alat untuk mengganti bagian yang rusak.

Pada crane juga ada sebuah alat yang akan menggerakkan laju hoist crane, yaitu berupa tombol yang menjadi pengendali. Carilah produsen yang jual push button pendant crane dengan kualitas terbaik. Mesin-mesin seperti ini akan bertahan lama jika dimaintenance dengan baik, maka pemeliharaan yang optimal wajib dilakukan oleh para sumber daya manusia.

Crane pada stasiun thresher ini, seperti yang sudah disinggung di atas akan melakukan gerakan naik turun, cepat lambat, serta pendongak, pemutar, dan juga pejalan. Semua dikendalikan oleh rantai yang tersambung, dan setiap rantai akan bergerak sesuai kendali. Setiap gerakan pun memiliki alat yang dijual terpisah. Anda bisa dengan mudah menemukan produsen yang jual travel wheel crane, atau bagian lain jika memang dibutuhkan.

Berpindah dari crane, Anda akan menemui alat bernama hopper yang menjadi tempat penuangan cook fruit bunch yang dilakukan operator hoist crane. Di sini, kontinuitas umpan akan dijaga dan diberikan ke unit auto feeder. Daya tampungnya sendiri tidak lebih dari 1 lori. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal ini, namun salah satunya adalah agar tidak meningkatkan oil losses pada empty bunch stalk akibat overload.

Selanjutnya, ada juga tippler, yang akan mengambil alih posisi hoist crane untuk membalikkan lori. Namun, lori yang dipakai pada tippler mempunyai jatah maksimal sendiri, yaitu 5-10 ton tandan buah segar. Ada pula mesin thresher, yang akan membrodol cook fruit punch dengan cara bantingan, di mana cook fruitless akan dibawa ke stasiun press, dan janjangan kosongnya dibawa keluar pabrik kelapa sawit.

Serta, ada pula bunch crusher yang berperan untuk membantu menyempurnakan pemipilan cook fruit bunch setelah janjangan keluar dari drun stripper. Dilengkapi dengan helical gear untuk menjepi janjangan, alat ini akan berputar dan membuat cook fruit yang masih lengket di janjangan rontok, sehingga dapat diambil kembali. Berkat adanya alat ini, oil losses pun dapat diminimalisir.

Alat terakhir yang ada di thresher station adalah empty bunch scraper. Pada stasiun ini, ada 2 unit yang terpasang dengan posisi horizontal dan posisi miring. Fungsinya, adalah untuk menampung jatuhnya janjangan kosong dari lemparan stripper keluar dari sisi drum, dan dibawa langsung ke inclined empty bunch. Pada stasiun ini ada beberapa hal yang dijadikan standart untuk menilai keberhasilan proses pada stasiun ini, yaitu:

  1. Pergerakan lori yang teratur
  2. Kualitas tandan buah segar yang masuk ke pabrik kelapa sawit
  3. Cara perebusan sterilizer yang cukup baik

Itulah sekilas hal yang bisa dibahas pada thresher station. Meisn-mesin yang ada di sini bekerja secara kontinue dan berkaitan satu sama lain, sehingga fungsinya tidak bisa dipisahkan begitu saja. Jika ada satu yang rusak, tentu akan berpengaruh ke mesin yang lain.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information