Fungsi Continous Sterilizer yang Tidak Bisa Disepelekan

Fungsi Continous Sterilizer yang Tidak Bisa Disepelekan

Bagi Anda yang tidak bekerja di dunia bisnis kelapa sawit mungkin secara tidak sengaja akan bertanya-tanya, ada berapa kah mesin di dalam pabrik kelapa sawit. Jawabannya, ada cukup banyak. Proses pegolahan kelapa sawit menjadi minyak, atau benda-benda lain yang lebih memiliki value memang cukup panjang. Butuh melewati beberapa station agar buah kelapa sawit berhasil diolah dan menjadi produk berdaya manfaat tinggi.

Continous sterilizer sendiri adalah sistem perebusan yang berlangsung secara terus menerus dengan memakai conveyor. Sistem perebusan terjadi di sini, di mana tandan buah sawit terus diolah. Ada beberapa prinsip yang diterapkan saat menggunakan mesin ini, yaitu:

  • Memakai live steam injection dengan tekanan 147 psi atau setara 1 bar. Biasa disebut juga low pressure sterilizing
  • Tandan buah sawit sendiri direbus melalui conveyor dua tingkat yang ada di dalam kompartemen sterilizer
  • Untuk proses perebusannya sendiri adalah berbasis continous single pressure
  • Waktu yang dibutuhkan untuk merebus sendiri adalah 60-70 menit

Selanjutnya, Anda akan tahu tahap dari system contionus sterilizer yang patut diketahui. Di sini ada 3 tahap yang dilalui secara berurutan.

  1. Pre-sterilization. Tandan buah sawit dikondisikan merobek janjang TBS menjadi dua dengan alat FFB Crusher. Tujuannya di sini adalah memudahkan penetrasi steam sampai ke rachis, mengingat tekanan perebusan yang dipakai adalah pada tekanan atmosfer
  2. Sterilization. Tekanan yang dipakai untuk merebus tandan buah sawit adalah low pressure sterilizing dengan melewatkan tandan buah sawit yang sudah dirobek ke kompartemen dengan bantuan conveyor yang lalu disemprotkan steam secara terus menerus di tekanan atmosfer. Pembuangan kondensat juga akan dilakukan secara terus menerus melalui talang drain di sepanjang lantai sterilizer, dan diharapkan membuat buah tidak tergenang kondensat
  3. Post sterilization. Selanjutnya, brondolan yang sudah dipipil dari tandannya. Tujuan dari pemanasan ini adalah memanaskan buah lebih lanjut, sehingga proses pengurangan kadar air dalam buah, serta pelepasan ikatan fiber akan membuat butiran minyak yang ada di dalam buah kualitasnya lebih baik

Komponen dari mesin continous sterilizer pun ada cukup beragam. Salah satu produsen yang menyiapkan sparepart untuk mesin ini adalah CB Modipalm. Beberapa sparepart yang disediakan antara lain jual H1966 LINK CHAIN untuk continuous sterilizer CB Modipalm, jual scraper bar untuk link chain continuous sterilizer CB Modipalm, jual shackle untuk link chain continuous sterilizer CB Modipalm, jual PH Cooker untuk continuous sterilizer CB Modipalm. Serta tidak ketinggalan jual teflon packing untuk continuous sterilizer CB Modipalm.

Kembali berbicara tentang rebusan, bahwa sebenarnya ada dua hal yang mempengaruhi hasil rebusan, yaitu:

  1. Kualitas raw material. Untuk tandan buah sawit mentah yang melalui proses perebusan hasilnya tidak aka maksimal
  2. Kualitas steam. Kualitas yang dihasilkan oleh combi boiler tidak akan sebaik yang dihasilkan oleh watertube boiler. Sementara, dengan combi boiler hasilnya tidak akan sebaik pabrik konvensional dengan watertube boiler

Lalu apa manfaat steam? Steam sendiri akan bekerja untuk perebusan yang dialirkan secara terusan ke continuous sterilizer tanpa adanya waktu pembuangan. Steam akan diinjeksi dengan steam sprayer. Manfaat steam sendiri adalah untuk menonaktifkan enzim lipase yang akan menaikkan kadar free fatty acid, mengurangi kadar air inti sawit dengan jumlah hingga < 20% dan berimbans kepada meningkatnya efisiensi pemecahan biji sawit, serta memudahkan berondolan lepas dari kelopak.

Kini pilihan ada di tangan Anda untuk memilih rebusan mana yang digunakan. Namun perlu diingat bahwa continuos sterilizer tetap menjadi salah satu mesin yang berperan penting pada pabrik kelapa sawit.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information