Mengenal Boiler Bahan Bakar Biomassa Lebih Dalam

Mengenal Boiler Bahan Bakar Biomassa Lebih Dalam

Boiler bukan lagi hal baru di pabrik kelapa sawit. Tanpa boiler, tentu proses pengolahan kelapa sawit tidak akan berjalan lancar. Boiler adalah mesin yang berperan banyak dalam proses pengolahan kelapa sawit menjadi berbagai macam bentuk yang memiliki value lebih. Namun, itu hanya di permukaan luar saja. Sekarang saatnya kita mengenal boiler bahan bakar biomassa lebih dalam.

Bahan bakar biomassa adalah sebuah sumber nergi terbarukan, yang terbuat dari materi biologi lingkungan sekitar. Sebagai sebuah sumber energi, bahan bakar biomassa bisa dipakai langsung atau diubah terlebih dahulu menjadi energi lain. Secara umum, bahan bakar biomassa berasal dari tumbuhan dan dipakai untuk membangkitkan tenaga listrik melalui turbin uap atau boiler, atau bisa juga melalui produk panas lainnnya. Beberapa contoh biomassa adalah:

  • Tanaman energi. Contohnya adalah jagung, gandum dan juga kedelai. Tanaman-tanaman yang dengan mudah ditemukan di Indonesia bukan?

Boiler biomassa tandan kosong sawit yang digunakan tidak boleh sembarangan. Bukan hanya berpengaruh pada proses pembakaran, namun juga akan berpengaruh terhadap lingkungan. Bahan bakar biomassa membutuhkan udara sekunder sebesar 70%. Jika proses pembakaran berhasil sempurna, maka sepertiga pembakaran akan menghasilkan energi dan sisa pembakaran yang sempurna. Maka dari itu dibutuhkan mesin atau boiler terbaik yang dapat memenuhi bahan bakar yang dibutuhkan, serta mampu memproses biomassa dengan sempurna.

Salah satu merek turbin uap atau boiler biomassa yang terbaik adalah turbin uap shinko biomassa. Untuk urusan kualitas tidak perlu diragukan, karena turbin uap dengan merek shinko ini sudah terkenal dan banyak dipakai di perusahaan kelapa sawit. Kamu pun bisa dengan mudah mengetahui segala keunggulannya, serta mendapatkannya dengan mudah secara online.

Turbin uap atau boiler sendiri akan menghasilkan energi potensiap uap, sehingga menjadi energi mekanis. Kelebihan dari turbin uap pabrik kelapa sawit adalah mampu menghasilkan panas yang baik dan dibutuhkan untuk proses pengolahan kelapa sawit, uap bekas bisa digunakan untuk ketel uap dan ketel rebusan, panas yang dihasilkan bisa menyesuaikan dengan lingkungan, dan juga mempunyai daya kontrol putaran yang cukup efektif.

Turbin uap sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, dengan beberapa klasifikasi. Klasifikasi tersebut antara lain dibedakan berdasarkan jumlah tingkat tekanan, arah aliran uap, jumlah silinder, konstruksi poros, dan juga prinsip kerja uap. Masing-masing kategori mempunyai fungsi dan keunggulan masing-masing. Ini akan memudahkan Anda untuk menentukan jenis boiler yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, sehingga akan memudahkan dan mempercepat proses pengolahan biomassa menjadi siap pakai.

Energi biomassa adalah energi terbarukan yang mempunyai banyak manfaat. Selain ramah lingkungan, harganya pun jauh lebih murah dibandingkan bahan bakar. Dengan adanya celah seperti ini diharapkan pemerintah mampu memaksimalkan proses pengolahan kelapa sawit sehingga akan membawa keuntungan bagi seluruh masyarakat.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information