Mesin Digester dan Bagian Penting di dalamnya

Mesin Digester dan Bagian Penting di dalamnya

Dari banyaknya mesin yang ada pada pabrik kelapa sawit, digester menjadi salah satu mesin yang cukup menarik perhatian. Mesin yang berfungsi untuk melumatkan brondolan buah sawit dengan pengadukan stirring arm atau pisau digester ini memakai kecepatan 25-26 rpm dan ada di dalam bejana silinder tegak. Saat proses ini berlangsung, steam injection ditembakkan ke bejana dengan temperatur 90-95 derajat celcius, sehingga daging buah sawit bisa menjadi lunak, dan membuatnya menjadi mudah dipisahkan dengan daging buah.

Hal yang perlu diperhatikan dari mesin digester adalah, bahwa semakin besar ukuran diameternya, semakin baik juga retensi minyak. Untuk menjaga hasil pelumatan tetap baik, perlu untuk mengetahui cara kerja digester kelapa sawit. Serta tidak lupa menjaga kualitas dari sparepart yang ada dalam digester, seperti short arm, long arm, dan masih banyak lagi. Anda bisa menemukan banyak produsen yang Jual expeller arm digester pks, jual long arm digester pks, dan jual short arm digester pks dengan mudah, namun ingat yang menjadi titik beratnya adalah kualitas dari spare part ini.

Ukuran yang dipilih harus mampu memenuhi kebutuhan alat yang ada dengan kualitas bahan sesuai kebutuhan. Masa aduk berhubugan erat dengan hydraulic press yang bisa mencapai 60 menit. Sehingga, dibutuhkan digester yang waktu aduknya mencapai 60 menit, sedangkan untuk screw press cukup 30 menit saja. Pada hydraulic press dibutuhkan bejana yang berukuran 2,86 m dengan diameter 1,14 m serta isi 2520 liter.

Digester yang mensupply buah pada screw press bisa mencapai adonan hingga 6 ton/jam. Ada pula yang kadang merancang pemakaian digester untuk kapasitas 10 ton TBS yang dipakai untuk screw press berkapasitas 15 ton TBS. Agar tidak terjadi perubahan waktu pengadukan yang berimbas pada menurunnya efisiensi ekstraksi minyak, dibutuhkan digester sesuai dengan kapasitas screw press. Pengisian yang tidak sempurna memang tidak akan sempurna di awal pengoperasian pabrik, dan ini merupakan sesuatu yang wajar. Jika keadaan seperti ini terjadi, maka pengutipan minyak umumnya sangat rendah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat pengadukan adalah:

  1. Frekuensi pengadukan yang lebih tinggi akan membuat energi banyak terbuang, sehingga tidak memberikan manfaat apapun
  2. Gunakan jumlah pisau yang sesuai, yaitu sebanyak 4 buah. Karena jumlah pisau yang tidak sesuai akan mengakibatkan pelumatan yang berlebihan, sehingga terjadi penggenangan minyak di dasar screw press. Efek lainnya adalah memperkecil gesekan buah dengan pisau dan juga penambahan jumlah pisau akan berbanding lurus dengan bertambahnya bearing. Di mana, ini juga dinilai tidak efektif
  3. Putaran yang lebih tinggi akan membuat genangan minyak di dalam alat. Hal ini akan mempersulit pengadukan dan juga membuat jumlah pisau yang digunakan semakin banyak. Itulah mengapa, disarankan untuk menggunakan putaran tetap sebanyak 26 rpm
  4. Bentuk pisau sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga bisa mengangkat dan menekan buah dengan cara menyapu. Pisau pengaduk bisa dengan mudah mengalami korosi oleh asam, sehingga pisau dibuat dari mangan silikon

Fluid coupling dan v-block digester juga ada dalam mesin digester. Meski tidak pernah disinggung sebagai mesin inti, namun ada baiknya tetap menjaga kualitas dari dua sparepart ini. Pastikan menjaga kualitasnya, namun jika terjadi kerusakan segera ganti dengan sparepart berkualitas. Temukan toko yang jual v-block digester pks dan jual fluid coupling digester pks dengan mudah.

Adanya mesin di pabrik kelapa sawit tentu sangat membantu, mengingat tenaga manusia saja tidak akan cukup dan sanggup untuk membuat pekerjaan ini selesai. Disarankan agar selalu melakukan pengecekan rutin kepada sparepart semua mesin yang ada di pabrik pks, agar membuat mesin bisa tahan lama dan tidak membuang dana untuk perbaikan.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information