Mengenal Serabut dan Cangkang, Komponen Penting di Pabrik Kelapa Sawit

Mengenal Serabut dan Cangkang, Komponen Penting di Pabrik Kelapa Sawit

Ketel uap pabrik kelapa sawit memang masih asing untuk sebagian orang. Namun yang sudah familiar dengan pabrik kelapa sawit, pasti mengenal mesin satu ini. Ketel uap atau boiler adalah salah satu mesin yang berperan besar pada pabrik kelapa sawit. Keberadaannya dibutuhkan untuk proses pengolahan kelapa sawit menjadi bahan baku yang lebih bernilai atau mempunyai fungsi lebih.

Ketel uap tankos kelapa sawit adalah alat yang akan mengubah energi air menjadi uap dengan pemanasan sesuai suhu yang dibutuhkan oleh air untuk penguapan, dan semua didapatkan dari pembakaran bahan bakar di ruang ketel uap. Uap ini sangat bermanfaat, karena dapat digunakan oleh semua alat yang membutuhkan tenaga uap di pabrik kelapa sawit, khususnya turbin. Pada pabrik kelapa sawit umumnya menggunakan turbin uap, yang menjadi sumber penggerak generator.

Agar kualitas dari ketel uap pabrik kelapa sawit sesuai yang diinginkan, maka perlu sejumlah suhu panas yang akan menguapkan air tersebut. Panas ini didapat dari pembakaran di ruang ketel. Syarat untuk mendapat panas yang sesuai adalah:

  1. Ketel uap cangkang sawit menggunakan perbandingan bahan bakar berdasarkan cangkang dan juga serabut
  2. Udara yang digunakan harus cukup dan sesuai
  3. Panas sesuai suhu yang dibutuhkan, sehingga pembakaran dapat dimulai
  4. Kerapatan cukup untuk merambatkan nyala api
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pembakaran tercukupi

Bahan bakar yang digunakan pelet untuk ketel uap pabrik sawit adalah serabut dan juga cangkang dari kelapa sawit. Karena mempunyai fungsi yang penting, maka bahan bakar sendiri tidak boleh sembarangan. Cangkang serta serabut adalah dua bahan yang mudah ditemui di pabrik kelapa sawit. Kedua benda ini juga termasuk sebagai limbah pabrik kelapa sawit yang tidak digunakan. Nilai kalor dari kedua bahan ini sendiri mampu memenuhi suhu panas yang dibutuhkan agar pembakaran berjalan sempurna.

Cangkang dan serabut memiliki nilai guna yang cukup tinggi dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Daripada menjadi limbah yang tidak berguna, akan lebih baik jika dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler tankos sawit. Cangkang kelapa sawit berwarna hitam dan berbentuk seperti batok kelapa. Letaknya ada di bagian dalam buah kelapa sawit yang ditutupi oleh serabut. Di dalam cangkang terdapat unsur kimia, seperti Carbon (C), Hidrogen (H2), Nitrogen (N2), Oksigen (O2), dan abu.

Sedangkan serabut, yang juga dipakai sebagai pelet untuk boiler pabrik sawit berbentuk seperti rambut, dan jika sudah mengalami proses pengolahan akan berubah warna menjadi cokelat muda. Letaknya ada di bagian kedua dari buah kelapa sawit setelah kulit, dan juga buah kelapa sawit. Di dalam serabut dan daging inilah tempat terkandungnya minyak CPO.

Jika dibandingkan, jumlah panas yang dihasilkan oleh serabut lebih kecil daripada cangkang. Penggunaan serabut yang terlalu banyak pun tidak terlalu disarankan, karena akan memberi dampak buruk pada proses pembakaran, karena akan menghambat proses panas di water wall. Abu hasil pembakaran akan berterbrangan dan menutupi pipa water wall.

Ketel uap yang dipakai di pabrik kelapa sawit umumnya adalah ketel uap yang berkapasitas 20.000 kg uap/jam dan mempunyai tekanan 20 kg/cm2. Umumnya butuh 2 boiler untuk pabrik kelapa sawit demi proses pengolahan kelapa sawit. Penggunaan boiler sangat membantu proses kelapa sawit agar lebih cepat diolah. Mengingat jenisnya yang begitu banyak, maka konsumen bebas memilih boiler yang sesuai dengan kebutuhan.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information