Mengenal Turbin Uap, Salah Satu Alat Penting di Pabrik Kelapa Sawit

Mengenal Turbin Uap, Salah Satu Alat Penting di Pabrik Kelapa Sawit

Kemajuan zaman yang begitu pesat terasa sangat menolong untuk orang-orang yang bekerja di pabrik. Tenaga mesin jelas membantu manusia dan membuat pekerjaan terasa lebih ringan. Sebagai contoh, pabrik kelapa sawit yang membutuhkan peran tenaga mesin untuk membuat pekerjaan jadi lebih ringan. Salah satu mesin yang berperan penting di pabrik kelapa sawit adalah turbin uap.

Turbin pks memiliki banyak nilai guna. Tugas utamanya adalah menggerakkan generator listrik daan untuk membangkitkan daya hingga tenaganya dapat disalurkan kepada mesin lain. Keuntungan dari penggunaan turbin uap adalah nilai ekonominya yang cukup tinggi. Uap di sini tidak berperan penuh, artinya tidak produktif sebagai bahan bakarnya.

Salah satu mesin yang penting adalah turbin uap shinko pabrik sawit. Shinko adalah pabrik asli Jepang yang memproduksi peralatan untuk industri minyak, power plants, perusahaan gula, dan masih banyak lagi. Umumnya, yang banyak digunakan adalah turbin uap shinko rb4m dan turbin uap shinko rb5m. Keduanya sama-sama sudah melewati uji coba di pabrik Shinko yang ada di Malaysia. Urusan kualitas, kamu nggak perlu meragukan.

Semua produk dari Shinko IND, Ltd sudah memenuhi standart yang ditetapkan, dan setiap model turbin uap memiliki kapasitas pengeluaran sebesar 30.000 kW dalam 12 tahap. Kamu bisa menentukan sendiri, mesin mana yang kamu butuhkan. Beberapa jenis mesin memiliki kualifikasi dan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih saja sesuai kebutuhan.

Kembali membicarakan tentang turbin uap. Mesin yang tergolong penting dalam pabrik kelapa sawit ini dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Berdasar segi tekanan akhir uap dibagi menjadi turbin tekanan lawan dan turbin kondensasi
  • Berdasar aliran uap, turbin uap dibagi menjadi turbin aksial, turbin radial dan turbin tangesial
  • Berdasar azas tekanan uap, turbin uap dibagi menjadi turbin implus dan turbin reaksi
  • Berdasar pembentukan tingkat uap, turbin uap dibagi menjadi turbin tekanan bertingkat dan turbin kecepatan bertingkat
  • Berdasar aliran uap dan casingnya, turbin uap dibagi menjadi turbin reheat dan non heat, turbin ekstraksi dan non ekstraksi, serta turbin single casing dan multi casing
  • Berdasar exhaust flow, turbin uap dibagi menjadi single flow dan multi flow

Selanjutnya, ada beberapa komponen utama yang berperan membentuk turbin uap. Tanpa adanya komponen-komponen ini, turbin uap tidak akan berfungsi sebagai mesin yang menjalankan tugas dan fungsinya. Lalu apa saja komponen-komponen utama yang membentuk turbin uap?

  1. Turbin. Jenis yang dipakai adalah turbin uap. Dengan media utama uap air, turbin ini mengubah energi panas menjadi listrik
  2. Pompa air. Fungsinya menciptakan tekanan pada air dan juga mengalirkan menuju boiler
  3. Kondensor. Berfungsi untuk mengubah uap menjadi air
  4. Dearator. Bagian ini akan menghilangkan O2 dan gas lain yang ikut larut dala air pengisi

Turbin uap yang ada di pabrik kelapa sawit atau steam turbin pabrik sawit tidak bisa dijalankan oleh sembarang orang. Uap yang mempunyai tekanan tinggi juga cukup berbahaya, karena uap bertekanan tinggi ini akan diubah temperaturya oleh kondensor. Perubahan suhu dari tinggi ke rendah ini mengubah uap menjadi air dan dipompa kembali ke boiler. Jika sampai boiler tidak berjalan dengan baik, maka bukan tidak mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga turbin kelapa sawit tentu tergantung jenis, merek, dan juga kualitas yang dihasilkan. Makin bagus kualitasnya, makin mahal harganya. Namun dengan pemakaian yang benar dan perawatan yang benar, mesin akan bertahan lama dan tidak mudah rusak dan membuatmu rugi.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information