Penggunaan Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit

Penggunaan Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit

Turbin uap merupakan suatu mesin dengan komponen utama yang digunakannya adalah uap air. Uap air ini merupakan penggerak yang akan mampu mengkonversikan dari adanya energi panas yang kemudian di ubah menjadi energi listrik yang bisa di pakai dan sangat dibutuhkan dalam suatu proses industri, salah satu mesin yang membutuhkan turbin uap untuk pengalir energi listriknya adalah pabrik kelapa sawit. Kapasitas pengolahan kelapa sawit pun setiap harinya tidak sedikit, oleh karena itu tidak heran jika harga turbin shinko yang biasa digunakan pun terbilang cukup mahal.

Turbin shinko sendiri merupakan suatu mesin keluaran pabrik Jepang. Turbin uap jenis ini telah digunakan sejak lama oleh banyak pabrik atau industri. Khususnya juga pabrik kelapa sawit yang nantinya akan mengolah dan menghasilkan minyak kelapa sawit yang bisa bermanfaat juga sebagai salah satu sumber pemasukan ekonomi negara.  Jenis turbin uap sendiri beraneka ragam, seperti turbin kondensasi, turbin radial, turbin tangesial, turbin reaksi, turbin implus, turbin tekanan bertingkat, turbin kecepatan bertingkat, turbin multi casing, dan lain sebagainya.

Di dalam pembelian turbin shinko, pastikan untuk membeli yang asli. Banyak sekali yang jual shinko steam turbine parts baik secara online maupun non-online. tapi yang perlu diketahui, bahwa jenis turbin uap shinko yang asli akan dilengkapi dengan adanya suatu dokumen yang menunjukan keaslian suatu barang atau yang disebut dengan sertificate of Origin, yang menunjukkan keaslian turbin uap shinko tersebut. Maka dengan demikian tak perlu di ragukan lagi tentang keaslian dan kualitas turbin uap ini.

Cara Menghidupkan Turbin

Di bawah ini penulis akan membahas tentang beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan turbin. Yaitu sebagai berikut:

  1. Memeriksa minyak pelumas serta ketinggian permukaan turbinnya
  2. Hidupkanlah auxiliary oil pump
  3. Tempatkanlah low oil pressure switch tepat pada posisi ON, sedangkan untuk emergency switch terdapat pada posisi OFF.
  4. Bukalah setiap keran pembersih uapnya secara berturut-turut dimulai dari keran uap bekas, kemudian keran uap masuk dan terakhir keran air pendingin.
  5. Pastikan posisi segitiga hitam (load limit pointer) hanya pada posisi 0 sampai dengan 2.
  6. untuk turbin dengan generator tertentu yang dilengkapi dengan adanya saklar eksitasi, maka pastikan saklar tersebut berada di dalam posisi OFF.
  7. Untuk memulai menghidupkan turbin, kamu harus menolak terlebih dahulu plot valve, kemudian quick action stop valpe akan segera terbuka, setelah itu kamu bisa membantu governor dengan tangan kamu dan mulailah menghidupkan turbin dengan putaran rendah selama 15 menit yaitu antara 600 – 800rpm lalu putarlah knob load limt ke kanan hingga sampai pada angka 10.
  8. Atur knob speed setting hingga kira-kira 1500 rp secara perlahan
  9. Saklar eksitasi pada turbin generator shinko dihidupkan atau ON
  10. Periksa kembali keadaan minyak pelumas pada suhu 40- 75 derajat diantara 3-6 bar.
  11. Hentikanlah turbo oil pump
  12. Tutup kembali semua keran pembersih yang telah di buka, termasuk keran direct steam injection, hanya keran steam trap yang tetap harus terbuka
  13. Pastikan turbin alternator shinko di set pada alternator  50-60 Hz dan volt nya pada 380-400 volt.
  14. Maka turbin sudah bisa di operasikan

Nah itulah info sekilas mengenai penggunaan  turbin uap pabrik kelapa sawit serta cara menghidupkannya. Semoga bermanfaat.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information