Penggunaan Turbin Shinko pada Pabrik Kelapa Sawit

Penggunaan Turbin Shinko pada Pabrik Kelapa Sawit

Suatu industri besar tentunya membutuhkan suatu energi yang sangat besar di dalam suatu proses produksinya. Tak terkeculai suatu pabrik atau industri kelapa sawit yang setiap pemrosesannya menjadi minyak kelapa sawit yang biasa dilakukan dengan kapasitas besar. Seperti dalam jumlah 10 ton, 15 ton, 20 ton bahkan 30 ton setiap satu kali pemrosesan. Hal ini tentunya membutuhkan suatu tenaga atau data yang sangat besar. Oleh karena itu biasanya suatu industri menggunkan turbin sebagai pembangkit daya yang tegangannya bisa di transfer pada mesin-mesin kelapa sawit.

Turbin adalah suatu mesin yang bisa digerakan oleh uap yang bertekanan, dan fungsinya adalah untuk menggerakan generator agar mampu menghasilkan suatu daya atau arus listrik. Salah satu jenis turbin dengan kualitas bagus dan biasa di pakai untuk pengolahan kelapa sawit adalah turbin shinko. Salah satu jenis turbin ini telah terbukti kualitas dan mutunya di dalam memberikan dan menyalurkan daya yang sangat besar agar semua peralatan atau semua mesin bisa berjalan dengan optimal dalam  proses mengolah kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit.

Ada beberapa jenis turbin yang ber merk shinko. Yaitu ada turbin shinko rb4 dan ada juga turbin shinko rb5. Kedua jenis turbin uap ini biasa digunakan di dalam menghantarkan daya pada alat-alat atau mesin-mesin yang digunakan selama proses mengolah kelapa sawit.

Komponen Utama Pembentuk Turbin Uap

Telah kita bahas di atas bahwa turbin uap sangat penting sekali di dalam keberhasilan suatu industri yang membutuhkan daya maupun tegangan yang cukup besar. Dan di bawah ini akan di bahas tentang beberapa komponen utama di dalam pembentukan turbin uap, yaitu sebagai berikut:

  1. Turbin, turbin yang digunakan di sini adalah suatu turbin uap. Dengan penggunaan utamanya adalah uap air, maka turbin ini akan menjadikan adanya perubahan dari adanya energi panas yang dihasilkan menjadi energi listrik melalui cara konveksi yang akan mampu menjalankan setiap mesin dalam memproses dan mengolah menjadi minyak kelapa sawit.
  2. Pompa Air, karena di sini yang digunakan adalah turbin uap dengan memanfaatkan uap air maka fungsi pompa air adalah agar mampu menjadikan adanya suatu tekanan pada air yang kemudian akan di alirkan menuju boiler hrsg.
  3. Dearator, komponen ini memiliki fungsi untuk menghilangkan O2 maupun gas lain yang mungkin saja larut di dalam air pengisian.
  4. Kondensor, inilah komponen yang berfungsi untuk mengubah uap hingga menjadi air dan nanti akan bisa dilakukan proses konveksi agar tercipta energi listrik.

Pemanfaatan Suatu Turbin Uap

Banyak sekali kegunaan dan manfaat yang dihasilkan dari suatu turbin. Keberhasilan mendapatkan minyak kelapa sawit yang menggunakan turbin jenis shinko misalnya, akan berjalan lancar bila pengoperasian steam turbin shinko dilakukan dengan baik oleh orang-orang yang ahli dan mampu. Jadi tidak boleh sembarangan orang yang mengoperasikannya. Baik di dalam proses menghidupkan hingga mematikan turbin.

Salah satu turbin uap adalah turbin uap shinko yang mampu menghasilkan daya yang sangat besar dan juga uap bekas, dan dengan demikian dari alat turbin ini mampu dimanfaatkan untuk pengolahan dengan suatu mesin, misalnya saja turbin uap ini berguna untuk alat perebusan, bpv, maupun ketel uap. Dari turbin uap ini, daya yang mampu diperoleh adalah berkisar 800 KW dengan putaran 5400 rpm.

Oke sekian ulasan kali ini mengenai suatu turbin, semoga informasi ini bermanfaat.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information