Unik, Ini Cara Kerja Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Unik, Ini Cara Kerja Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin Decanter juga dikenal sebagai Mesin Centrifuge. Banyak ditemui di pabrik kelapa sawit, mesin ini berada di stasiun klarifikasi. Fungsinya, adalah memisahkan cairan atau suspensi berdasarkan berat jenisnya. Karena mempunyai fungsi yang sama dengan mesin klarifikasi, maka mesin decanter juga bisa dialihfungsikan untuk komponen lain. Namun karena harganya yang kurang bersahabat, mesin ini jarang ada di pabrik kelapa sawit. Padahal, mesin ini juga bisa dijadikan salah satu alat investasi dalam bisnis kelapa sawit.

Spesifikasi decanter

Berbeda dengan mesin lain, keberhasilan mesin decanter tidak bisa ditentukan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilannya, seperti kesesuaian antara komponen yang akan dipisahkan dengan rasio yang ada di dalamnya. Maka, untuk memastikan keberhasilannya, mesin ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Mesin decanter 3 fase. Tugas dari mesin ini adalah memisahkan suspensi yang di dalamnya terdapat komponen minyak, komponen cair serta komponen padat.
  • Mesin decanter 2 fase. Komponen yang bisa dipisahkan dalam mesin ini hanya yang terdiri dari 2 komponen, yaitu padat dengan air atau padat dengan minyak. Namun mesin ini lebih fleksibel, karena bisa ditempatkan di bagian hilir klarifikasi, bagian hulu, atau di bagian tengah.

Tugas mesin decanter

Mesin ini berhubungan dengan bagaimana cara memisahkan cairan yang beraneka rupa agar tidak tercampur. Pada pabrik kelapa sawit, mesin decanter akan memproses crude oil (cairan minyak) yang berasal dari tank crude oil. Pada mesin ini akan dipisahkan bahan yang padat dan bagian yang masih berupa serat halus. Bagian kecil yang ikut terbawa dari proses pengepresan pun akan disaring ulang sehingga akan menghasilkan minyak yang lebih ringan.

Cara kerja mesin decanter

Cara kerja mesin decanter ialah memanfaatkan gaya sentrifugal. Di dalam mesin ini terdapat sebuah silinder yang akan berfungsi sebagai poros separator. Cairan yang masuk dalam silinder ini akan membentuk sebuah putaran yang akan berputar bersama silinder. Selanjutnya, kecepatan putaran yang dihasilkan akan membentuk gaya sentrifugal dan memisahkan komponen yang masuk di dalam silinder. Untuk kecepatan, bisa disesuaikan dengan berapa banyak komponen yang masuk, serta sesuai kebutuhan.

Penempatan mesin decanter

  • Hulu sebelum settling tank. Decanter yang diletakkan di sini akan bekerja dengan keseimbangan dan membutuhkan buffer tank tambahan yang posisinya ada di atas decanter.
  • Tengah sebelum sludge separator. Cairan yang muncul dari settling tank akan diolah dalam decanter dan menghasilkan phase padat yang dibuang, phase minyak dipompa ke settling tank, sementara phase cair dialirkan ke sludge tank
  • Hilir klarifikasi. Di sini, decanter akan berfungsi sebagai sludge separator yang memisahkan lumpur minyak dan air. Kedua jenis decanter dapat diletakkan pada bagian ini.
  • Hilir klarifikasi pengganti oil purifier. Oil purifier berfungsi sebagai alat yang akan memurnikan minyak dengan cara memisahkan minyak dan non minyak. Tujuannya, memisahkan minyak yang bersih tanpa harus bingung kehilangan minyak pada phase padat.

Jika Anda sedang mempelajari lebih lanjut tentang mesin decanter, Anda dapat merujuk ke beberapa makalah decanter yang akan membantu proses pemahaman Anda. Pilihlah yang valid dan memenuhi kebutuhan Anda dalam mengenal mesin decanter lebih lanjut. Mulai dari cara perawatan decanter, hingga bagaimana cara pengefisiensian decanter sehingga dapat digunakan secara maksimal.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information