Beragam, Ini Manfaat Tandan Kosong Kelapa Sawit

Beragam, Ini Manfaat Tandan Kosong Kelapa Sawit

Kw: harga tandan kosong kelapa sawit 2015, pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit sebagai pupuk organik, bunch press kelapa sawit, pencacah tandan kosong kelapa sawit

Kelapa sawit menjadi salah satu komoditi utama Indonesia, dan membuat pamor Indonesia sebagai salah satu penghasil kelapa sawit melonjak. Tahukah, jika pohon kelapa sawit akan menghasilkan tandan-tandan yang nantinya daging dan intinya akan dimanfaatkan sebagai minyak. Nah, ini biasanya akan menyisakan tandan kosong. Jika dilihat dari harga tandan kosong kelapa sawit 2015 hingga sekarang, ada kenaikan yang cukup signifikan.

Kelapa sawit yang sudah dipisahkan biasanya akan menyisakan sekitar 20% bagian kelapa sawit yaitu yang berupa tandan kosong. Para pelaku agribisnis pun tergerak untuk mengolah tandan kosong ini menjadi bentuk lain yang bermanfaat dan menghasilkan untung. Dan yang terpenting, tandan kosong ini tidak akan menjadi limbah industry yang justru membawa kerugian. Biasanya, tandan kosong kelapa sawit akan dimanfaatkan menjadi:

  1. Pupuk organik. Pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit sebagai pupuk organik adalah yang paling umum dan sudah banyak dilakukan. Pupuk kompos dibuat dari bahan organik yang sudah diproses melalui proses dekomposisi atau fermentasi oleh mikro organisme. Pusat Penelitian Kelapa Sawit pun sudah mematenkan teknologi sejak 9 tahun yang lalu. Hasilnya, kompos dari tandan sawit pun bisa dipakai ke beragam tanaman. Untuk mengubah tandan kosong kelapa sawit menjadi pupuk organik, Anda membutuhkan plastik atau terpal berukuran besar, pencacah tandan kosong kelapa sawit, dan juga sekop.
  2. Bahan baku pembuatan kertas. Industri pembuatan kertas ternyata membutuhkan banyak bahan baku yang sekarang disebut semakin langka. Pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit ini sebenarnya cara alternatif untuk mengurangi aktivitas illegal logging yang banyak terjadi. Bagusnya, tandan kosong kelapa sawit yang berserat dan mengandung lignoselulosa bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan kertas. Serat yang dipakai dalam pembuatan kertas harus serat yang alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.
  3. Material pembuatan tas dengan pewarna alami. Rupanya jiwa kreatif generasi muda Indonesia terbukti. Serat tandan kelapa sawit juga bisa diolah menjadi material pembuatan tekstil pewarna alami. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, seperti pemasakan, bleaching, proses pewarnaan, eksplorasi teknik dan struktur, serta perancangan produk. Prosesnya memang sedikit lama, namun tentu akan sesuai dengan hasil yang diinginkan. Pegiat industri kreatif pun melihat potensi lain yang ditemukan dari tandan kosong kelapa sawit, yaitu sebagai pengisi jok mobil atau motor, dan juga kasur.

 Selama proses pengolahan, peran bunch press kelapa sawit akan sangat banyak. Dalam kaitannya dengan home industry, memang sejauh ini tandan kelapa sawit belum terlalu popular. Namun dengan pembenahan dan keseriusan pengolahan, tidak menutup kemungkinan akan membuat home insudtry dalam bidang ini berkembang pesat kan?

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information