Vibrating Screen, Mesin yang Ada Pada Stasiun Pengolahan Kelapa Sawit

Vibrating Screen, Mesin yang Ada Pada Stasiun Pengolahan Kelapa Sawit

Berbicara tentang pabrik kelapa sawit, ada beberapa stasiun yang dilalui kelapa sawit dalam proses pengolahannya. Tentu ada banyak mesin yang akan dilewati hingga kelapa sawit menjadi bahan siap pakai yang lebih valuable. Salah satunya adalah vibrating screen atau ayakan getar yang akan memisahkan padatan yang ada pada crude oil. Seperti namanya, mesin ini bekerja dengan cara diayak atau digetarkan. Perlu adanya bantuan dari air panas yang berperan sebagai pelarut atau pencuci.

Selain itu, vibrating screen juga berfungsi agar tidak sering terjadi sumbatan pada nozzle sludge yang juga disebut low speed separator. Agar proses pemisahan berjalan lacar, maka pemakaian ukuran mesh bisa jadi faktor yang cukup berpengaruh pada proses di mesin ini. Cara kerjanya cukup sederhana, yaitu dengan cara bergetar yang beraturan, sehingga padatan tersaring.

Vibrating screen sendiri terletak di raw oil tank. Bukan asal-asalan, namun penempatan ini dimaksudkan agar tidak memicu pembentukan emulsi dan juga memudahkan kerja continuous tank. Kerusakan yang cukup sering dialami oleh mesin ini adalah goyahnya screen penyaringan. Penyebabnya adalah karena padatan yang dipisahkan di vibrating screen bersifat abrasive. Maka, disarankan memilih alat yang terbuat dari stainless steel agar vibrating screen berumur lebih lama. Ada juga kerusakan yang terjadi pada casing yang diakibatkan getaran terus menerus.

Jika Anda menemui kerusakan pada bagian ayakan getar ini, Anda bisa dengan mudah menemui produsen yang menyediakan dan jual channel gasket vibrating screen pks. Meski tidak banyak dan hanya bisa ditemui di daerah tertentu, namun kualitasnya sudah terjamin. Anda bisa mencari secara online, dan akan mudah menemukan produsen yang jual channel gasket vibro pks di medan, jual channel gasket vibro pks di jakarta, jual channel gasket vibrating screen pks di kalimantan.

Proses vibrating screen tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena proses pengayakan yang terjadi serta pemisahan non oil solid akan bekerja secara baik jika memakai mesh yang sudah digunakan. Ini adalah salah satu faktor keberhasilan dalam mesin ayakan getar ini. Umumnya mesinini punya 2 tingkatan penyaringan. Di tingkat pertama terdiri dari 30 mesh. Sedangkan di tingkat kedua ada 40 mesh. Dua ukuran ini akan melakukan penyaringan dan mempemudah proses penyaringan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Satu bagian dari mesin ini yang harus Anda perhatikan adalah remeshing vibrating screen. Komponen ini harus mendapat perawatan yang rutin, untuk bisa mengetahui apakah ada kendala atau kesulitan pada mesin vibrating screen atau komponen lain. Mulailah merawat komponen ini dengan cara memperhatikan bagian sand trap tank, perhatikan proses kerja mesin vibrating screen, serta perhatikan pula arah kerja mesin ini.

Untuk penyaringan mesin, Anda membutuhkan suhu antara 8-10 derajat celcius. Dalam proses perawatan vibrating screen tidak harus menunggu ada kerusakan. Logikanya, semakin rusak sparepart sebuah mesin, maka akan semakin mahal biaya perbaikannya. Alangkah lebih baik mesin segera dibenahi tanpa perlu menunggu kerusakan terjadi. Tidak kalah penting, Anda memilih agen yang mampu merawat mesin pabrik kelapa sawit dan memang sudah terkenal dengan kemampuannya merawat mesin.

Perlu diingat, ketika vibrating screen koyak maka fibre akan menymbat dan terlewat saringan brush stainer. Jika sampai terjadi, maka akan menambah jam stagnasi di clarification station. Singkatnya, buatlah kinerja mesin di clarification station lebih mudah dengan menjaga vibrating screen tetap dalam keadaan baik-baik saja. Semoga informasi yang kami berikan dapat memberi informasi yang Anda butuhkan.

Fungsi Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit yang Harus Diketahui

Fungsi Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit yang Harus Diketahui

Kelapa sawit yang menjadi salah satu komoditi utama Indonesia terus mencuat. Ada banyak perusahaan yang sukses berbisnis dengan menjadikan kelapa sawit sebagai bahan utama, dan ada juga banyak perusahaan baru yang masih merintis. Namun tak bisa diingkari bahwa kelapa sawit memang punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia, terlebih baru-baru ini kabar energi biomassa yang bisa dihasilkan dari kelapa sawit mencuat dan menjadi harapan baru.

Salah satu mesin yang ada di dalam pabrik kelapa sawit adalah mesin pencacah tandan kelapa sawit. Siapa sangka, tandan kelapa sawit yang dulu dianggap tidak bermanfaat juga mempunyai fungsi yang luar biasa. Banyak yang memanfaatkan tandan kosong ini sebagai makanan ternak. Agar dapat mengolah tandan kosong kelapa sawit dengan maksimal, tentu dibutuhkan mesin dengan kualitas yang bagus. Apa saja komponen di dalam mesin pencacah tandan kosong kelapa sawit?

Secara umum, mesin ini dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu bagian conveyor dan juga gerigi yang berfungsi sebagai tempat memasukkan dan mencacah tandan kosong kelapa sawit. Selain itu, ada lima bagian penting dari mesin ini yang harus diketahui, yaitu:

  • Mesin penggerak. Komponen utama ini akan memberikan aliran listrik. Bentuknya sendiri bisa berupa motor listrik atau motor diesel yang akan memasok energi serta membuat mesin bergerak
  • V-belt. Fungsinya tidak jauh beda dengan v-belt pada mesin lain, yaitu untuk menghubungkan mesin dan juga gearbox. Selain itu, v-belt juga berfungsi menyalurkan daya dari mesin penggerak
  • Casing. Fungsinya adalah menyangga setiap komponen serta melindungi mesinnya. Rangka ini sendiri biasanya terbuat dari baja, jadi kualitasnya dalam menyangga tidak perlu diragukan lagi
  • Pisau. Sesuai namanya, mesin pencacah tandan kosong kelapa sawit maka diperlukan alat untuk mencacah tandan kosong tersebut. Pisau inilah komponen yang dimaksud. Adanya pisau ini akan memastikan tandan kosong menjadi serpihan kecil. Alat ini akan terpasang di bagian as mesin, dan akan bergerak dengan ritme yang jelas karena dihubungkan dengan rantai. Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada bagian ini, karena ada banyak penjual baik online atau pun offline yang jual cutter plate mesin press tandan kosong sawit. Seperti cutter plate efb press merek Khun Heng – YKL yang sudah bisa ditemukan secara online. Serta merek-merek lain yaitu cutter plate efb press merek M-Vance, cutter plate efb press merek Muarban Lee – MBL, cutter plate efb press merek SAWIPAC yang juga bisa didapatkan dengan mudah
  • Gear box. Fungsi dari komponen ini adalah mengubah arah putaran mesin penggerak. Dari awal bergerak naik-turun, lalu akan menjadi lebih besar untuk mencacah

Jika Anda penasaran apalagi fungsi dari cacahan tandan kelapa sawit, fungsi lainnya adalah untuk membuat etanol serta kompos. Namun ada syaratnya, tandan kosong kelapa sawit harus melalui proses pengolahan yang tepat, agar etanol yang dihasilkan pun dalam jumlah yang tinggi. Hasil dari etanol yang tepat ini bisa menjadi bahan tambahan memproduksi biogas, yang kita semua tahu punya banyak manfaat dan lebih ramah lingkungan.

Bagi Anda yang ingin fokus membangun bisnis kelapa sawit, pastikan membeli mesin ini dan memilih merek yang terbaik. Sistem kerja dari mesin ini tidak terlalu susah, sehingga Anda jangan khawatir tidak bisa menjalankannya. Pisau pencacah cukup digerakkan dengan mesin, dan akan mengolah tandan kosong sawit dengan sendirinya. Selain itu mesin pencacah tankos sawit ini cukup mudah dirawat dan diperbaiki jika ada kerusakan. Semoga informasi ini membantu, dan memberikan pengetahuan lebih tentang aneka mesin yang ada di pabrik kelapa sawit!

Screw Press, Salah Satu Mesin di Pabrik Kelapa Sawit

Screw Press, Salah Satu Mesin di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin screw press tentu suda tidak asing bagi Anda yang bergerak di bidang kelapa sawit. Mengenal bagian-bagian serta cara kerja dari mesin screw press akan menjadi nilai lebih bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis kelapa sawit, agar nantinya jika ada kerusakan dari mesin ini, baik secara keseluruhan atau spare partnya, Anda tidak kesulitan untuk menanganinya dan bisa dengan mudah mendapatkannya.

Screw press akan memproses biji inti kelapa sawit yang sudah dibersihkan. Minyak dari digester akan dipisah di mesin ini, dan akan dipress untuk menghasilkan minyak kelapa sawit dengan jenis Crude Palm Oil dan juga inti sawit. Cara kerja dari mesin ini adalah dengan memeras cincangan atau cacahan sawit untuk mendapat minyak sawit kotor atau kasar. Penting untuk diketahui, bahwa mesin screw press mempunyai beberapa bagian inti, yaitu double screw, press silinder, casing, gearbox, dan hydralic double cone. Tentunya, setiap bagian dari screw press ini mempunyai peran masing-masing.

Untuk penggunaan mesin screw press pada pabrik kelapa sawit sendiri ada tiga tipe, yaitu speichim, unise de wecker, dan juga stork. Perbedaannya terletak pada pengaruh efisiensi pengempaan. Agar lebih mudah, akan dijabarkan sebagai berikut:

  • Alat kempa speichim memiliki feed screw, dan akan berpengaruh pada kontinuitas dan juga jumlah bahan yang masuk akan lebih konstan dibandingkan adonan yang masuk berdasarkan grafitasi. Tentu ini akan berpengaruh pad avolume ulir yang parallel dengan penekanan ampas
  • Tipe stork memproduksi alat press yang terdiri dari alat yang memakai feed screw dan non feed screw
  • Usine de Wecker sendiri adalah jenis screw press yang tidak dilengkapi dengan feed screw

Mesin screw press tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu dengan bantuan mesin penggerak yang dihidupkan dan mengaktifkan sistem hidroliknya. Sekali proses minyak yang dihasilkan akan disalurkan ke oil vibrating screen dan dialirkan ke crude oil tank untuk diproses lebih lanjut. Bayangkan, jika ada satu bagian dari screw press yang rusak, tentu akan menghambat proses pengolahan kelapa sawit ini. Meski ada banyak yang jual main shaft mesin pabrik sawit, namun tidak semua yang disediakan memiliki kualitas bagus.

Umumnya, mesin screw press didesain untuk mengolah kelapa sawit dalam jumlah banyak, yaitu 12 ton dalam satu jam. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal agar hasilnya optimal, seperti masa tandan kelapa sawit yang akan berkurang dari waktu ke waktu, karena fungsinya akan menjadi tandan kelapa sawit kosong, dan juga sudah melalui perebusan dan juga pembersihan. Selain itu penting juga dipastikan untuk memenuhi mesin hingga batas maksimal agar menghasilkan minyak kualitas tinggi dan juga bersih.

Bagian inti dari screw press memang harus sangat diperhhatikan, karena bagian inti adalah bagian yang cukup rawan dan butuh perhatian. Jika terjadi kerusakan di bagian inti, kamu bisa mencari beberapa merek yang bagus dan direkomendasikan seperti main shaft screw press merek CB Modipalm, main shaft screw press merek Wang Yuen, main shaft screw press merek US (Universal Steel), main shaft screw press merek EMI.

Tips agar semua kelapa sawit terproses maksimal adalah jangan mengisi kelapa sawit hingga batas maksimal, karena akan membuat banyak kelapa sawit hancur bahkan sebelum proses selesai. Imbasnya, kualitas minyak yang dihasilkan pun berkurang. Batas maksimal yang ada pada mesin screw press baiknya sebagai penanda yang tidak boleh diacuhkan, karena ini akan berpengaruh banyak.

Last but not least, Anda harus paham bahwa tiga jenis screw press akan memiliki mekanisme kerja yang sama, namun setiap jenis punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kenali semua kelebihannya, dan carilah cara untuk mengatasi kekurangannya, agar jika mesin tersebut yang kamu butuhkan, tetap bisa menghasilkan minyak yang berkualitas dan tidak membuatmu salah pilih.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information