Pentingnya Perawatan Mesin Screw Press pada Bagian Komponen Inti

Pentingnya Perawatan Mesin Screw Press pada Bagian Komponen Inti

Mesin screw press merupakan suatu alat atau mesin yang termasuk ke dalam salah satu komponen penting di dalam pengolahan kelapa sawit, khususnya dalam proses pemisahan kelapa sawit agar menjadi bahan minyak mentah. Mesin screw press ini perlu sekali di rawat dan diperhatikan dengan baik agar tidak cepat terjadi kerusakan. Karena jika terjadi kerusakan, maka proses pengolahan kelapa sawit akan terganggu, baik dalam kuantitas maupun kualitas minyak dari kelapa sawit itu sendiri.

Pengecekan setiap spare part di dalam komponen mesin screw press pun sangatlah penting untuk terus di lakukan, karena dengan cara demikian ketika terjadi kerusakan akan segera terkendali sebelum langsung berpengaruh di dalam pengoperasian pengolahan minyak kelapa sawit. Oleh karena itu, para tenaga ahli sangat diperlukan di dalam melakukannya, khususnya para tenaga atau pekerja yang berkontribusi di stasiun press pabrik kelapa sawit.

Para pekerja maupun tenaga ahli ini selain harus  bisa mengoperasikan mesin demgan tepat, tenaga ahli pun harus mampu dan mengerti tentang mesin mesin yang menjadi sarana dalam industri kelapa sawit.  Oleh karena itu, perawatan adalah hal yang sangat penting,  mesin akan lebih awet dan memiliki masa aktif yang lebih lama. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Harga screw press memiliki nilai yang cukup tinggi. Jadi untuk menghindari kerusakan yang akan mengakibatkan kerugian yang besar.

Bagian Penting Dalam Screw Press yang Harus Mendapat Perawatan Ekstra

Di bawah ini penulis akan memberitahukan beberapa bagian penting atau komponen penting dari mesin screw press. Ada beberapa bagian inti di dalam screw press yang memerlukan perawatan ekstra, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Double screw, salah satu bagian inti ini terbuat dari suatu bahan baja tuang, dan ukurannya berbeda beda, sesuai dengan kapasitas pengolahan kelapa sawitnya. Bagian inti ini memiliki masa penggantian atau batas waktu untuk spare partnya. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk mengetahui dan melakukan pengecekan terhadap batas pergantiannya.
  2. Press silinder atau yang sering juga di sebut dengan press cage. Bagian ini pun terbuat dari plat baja juga. Di dalam bagian ini, berfungsi memisahkan serabut daging buah sawit agar tidak ikut tersaring dan tercampur pada cairan minyak kelapa sawit yang sebelumnya sudah melewati proses tekanan di dalam pengolahan. Makanya, untuk memastikan lancarnya proses ini perawatannya harus dilakukan dengan baik.
  3. Gear box, bagian inti  ini terletak pada bagian belakang body screw press. Didalam bagian gear box terdiri dari dua screw, yaitu screw utama dan screw kedua. Keduanya terhubung dengan gear yang akan membuat putaran double screw nya berlawanan arah. Oleh karena itu agar terhindar dari kendala, maka harus dipastikan bahwa minyak pelumas tidak boleh sampai kurang, kemudian pemilihan bearing nya harus dengan kualitas baik agar tidak mudah patah.
  4. Worm Screw (Kempa Ulir) di mesin Screw Press adalah salah satu komponen  atau bagian utama dan penting yang harus lebih di rawat, karena bagian ini memiliki peran penting untuk mengekstraksi minyak mentah sawit.
  5. Hydraulic double cone, alat ini akan mampu memberikan suatu tekanan lawan kepada daya dorong double screw pada bagian ampas kempa. Yang nantinya akan membuat minyak bisa keluar dari massa pressed dan melalui press silinder.

Nah itulah pembahasan tentang perawatan terhadap komponen penting di dalam mesin screw press yang bisa kamu ketahui. Oke semoga bermanfaat.

Pengolahan Kelapa Sawit dengan Mesin Wang Yuen p15

Pengolahan Kelapa Sawit dengan Mesin Wang Yuen p15

Salah satu tanaman suatu perkebunan yang memiliki nilai tinggi serta memiliki posisi penting di dalam sektor pertanian serta bagian dari salah satu sumber devisa negara kita adalah tanaman kelapa sawit. Hampir semua komponen di dalam kelapa sawit bisa digunakan dan dimanfaatkan. Di mulai dari pelepahnya, maupun buah sawitnya. Semua hal tentang kelapa sawit sangat berguna dan bermanfaat. Oleh karena itu perlu sekali diolah secara khusus dengan menggunakan mesin-mesin terbaik, seperti mesin wang yuen p15.

Untuk bisa memisahkan minyak dari kelapa sawit di mesin digester maka diperlukan adanya suatu alat yang bernama screw press. Mesin Screw press p15 merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam proses pengolahan minyak kelapa sawit. Karena mesin sreww press untuk kelapa sawit ini merupakan suatu komponen utama di dalam mesin pengekstraksi tandan buah segar menjadi suatu minyak mentah sawit. Maka inilah komponen penting yang perlu kamu ketahui di dalam menghasilkan suatu minyak kelapa sawit yang berkualitas.

Di dalam mesin screw press kelapa sawit terdiri dari banyak sekali komponen di dalamnya. Di mulai dari komponen berukuran kecil, sedang, maupun komponen yang berukuran besar semuanya terdapat di dalam suatu mesin screw press.  Semuanya digunakan untuk mempress kelapa sawit. Kapasitas screw press sendiri berbeda-beda, ada yang mampu dengan kapasitas 10 ton, ada juga 15 ton, 20 ton, bahkan ada yang sampai pada kapasitas 30 ton. Untuk mendapatkan hasil press yang baik, maka sangat penting sekali menjaga kondisi spare part di dalamnya.

Cara Memilih Spare Part Screw Press

Spare part screw press kelapa sawit pun tak bisa memilih yang sembarangan atau kw, tapi belilah dan gunakanlah yang asli. Selain kualitasnya yang lebih terjamin, maka life time atau umur penggunaan setiap spare partnya lebih lama untuk digunakan.  Dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pengolahan kelapa sawit hingga menjadi suatu minyak kelapa sawit yang berkualitas. Prosesnya yang bisa dikatakan tergolong rumit dan memerlukan alat-alat canggih dengan kualitas tinggi pun menjadi salah satu faktor penunjang terciptanya minyak kelapa sawit.

Untuk bisa mendapatkan berbagai spare part untuk mesin screw press kelapa sawit maka bisa di dapatkan dari tempat-tempat terpercaya. Dulu mungkin kita hanya bisa memesan dan mendapatkan setiap spare part nya yang tersedia di luar negeri, namun tak perlu khawatir, karena sekarang di dalam negeri pun banyak yang jual spare part screw press. apalagi sekarang sudah merupakan jaman teknologi canggih, maka untuk bisa mendapatkannya bisa dengan memesan secara online di suatu situs resmi serta terpercaya.

Salah satu mesin screw press yang berkualitas adalah mesin spare part yang ber merk wang yuan. Wang yuan screw press sendiri telah banyak digunakan di berbagai industri kelapa sawit. Ada banyak merk yang bisa kamu pilih, namun yang harus kamu ketahui adalah bahwa dalam memilih ssesuatu hal janganlah asal, nanti jatuhnya menyesal. Mesin untuk kelapa sawit dengan merk wang yuan sendiri sudah terpercaya dan terbukti kualitasnya di dalam pengolahan minyak kelapa sawit.

Nah itulah pembahasan sekilas tentang suatu mesin yang digunakan di dalam proses pengolahan minyak kelapa sawit. Setiap langkah dalam pengolahannya pun haruslah maksimal dengan menggunakan mesin-mesin yang memiliki kualitas dan mutu terjamin. Oke, semoga informasi ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan kamu yaa.

Unik, Ini Cara Kerja Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Unik, Ini Cara Kerja Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin Decanter juga dikenal sebagai Mesin Centrifuge. Banyak ditemui di pabrik kelapa sawit, mesin ini berada di stasiun klarifikasi. Fungsinya, adalah memisahkan cairan atau suspensi berdasarkan berat jenisnya. Karena mempunyai fungsi yang sama dengan mesin klarifikasi, maka mesin decanter juga bisa dialihfungsikan untuk komponen lain. Namun karena harganya yang kurang bersahabat, mesin ini jarang ada di pabrik kelapa sawit. Padahal, mesin ini juga bisa dijadikan salah satu alat investasi dalam bisnis kelapa sawit.

Spesifikasi decanter

Berbeda dengan mesin lain, keberhasilan mesin decanter tidak bisa ditentukan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilannya, seperti kesesuaian antara komponen yang akan dipisahkan dengan rasio yang ada di dalamnya. Maka, untuk memastikan keberhasilannya, mesin ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Mesin decanter 3 fase. Tugas dari mesin ini adalah memisahkan suspensi yang di dalamnya terdapat komponen minyak, komponen cair serta komponen padat.
  • Mesin decanter 2 fase. Komponen yang bisa dipisahkan dalam mesin ini hanya yang terdiri dari 2 komponen, yaitu padat dengan air atau padat dengan minyak. Namun mesin ini lebih fleksibel, karena bisa ditempatkan di bagian hilir klarifikasi, bagian hulu, atau di bagian tengah.

Tugas mesin decanter

Mesin ini berhubungan dengan bagaimana cara memisahkan cairan yang beraneka rupa agar tidak tercampur. Pada pabrik kelapa sawit, mesin decanter akan memproses crude oil (cairan minyak) yang berasal dari tank crude oil. Pada mesin ini akan dipisahkan bahan yang padat dan bagian yang masih berupa serat halus. Bagian kecil yang ikut terbawa dari proses pengepresan pun akan disaring ulang sehingga akan menghasilkan minyak yang lebih ringan.

Cara kerja mesin decanter

Cara kerja mesin decanter ialah memanfaatkan gaya sentrifugal. Di dalam mesin ini terdapat sebuah silinder yang akan berfungsi sebagai poros separator. Cairan yang masuk dalam silinder ini akan membentuk sebuah putaran yang akan berputar bersama silinder. Selanjutnya, kecepatan putaran yang dihasilkan akan membentuk gaya sentrifugal dan memisahkan komponen yang masuk di dalam silinder. Untuk kecepatan, bisa disesuaikan dengan berapa banyak komponen yang masuk, serta sesuai kebutuhan.

Penempatan mesin decanter

  • Hulu sebelum settling tank. Decanter yang diletakkan di sini akan bekerja dengan keseimbangan dan membutuhkan buffer tank tambahan yang posisinya ada di atas decanter.
  • Tengah sebelum sludge separator. Cairan yang muncul dari settling tank akan diolah dalam decanter dan menghasilkan phase padat yang dibuang, phase minyak dipompa ke settling tank, sementara phase cair dialirkan ke sludge tank
  • Hilir klarifikasi. Di sini, decanter akan berfungsi sebagai sludge separator yang memisahkan lumpur minyak dan air. Kedua jenis decanter dapat diletakkan pada bagian ini.
  • Hilir klarifikasi pengganti oil purifier. Oil purifier berfungsi sebagai alat yang akan memurnikan minyak dengan cara memisahkan minyak dan non minyak. Tujuannya, memisahkan minyak yang bersih tanpa harus bingung kehilangan minyak pada phase padat.

Jika Anda sedang mempelajari lebih lanjut tentang mesin decanter, Anda dapat merujuk ke beberapa makalah decanter yang akan membantu proses pemahaman Anda. Pilihlah yang valid dan memenuhi kebutuhan Anda dalam mengenal mesin decanter lebih lanjut. Mulai dari cara perawatan decanter, hingga bagaimana cara pengefisiensian decanter sehingga dapat digunakan secara maksimal.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information