News Update

×

Message

Failed loading XML... Opening and ending tag mismatch: hr line 1 and body Opening and ending tag mismatch: body line 1 and html Premature end of data in tag html line 1

Beragam Jenis Turbin Uap Kelapa Sawit, Sudah Tahu?

Beragam Jenis Turbin Uap Kelapa Sawit, Sudah Tahu?

Sama seperti mesin lain yang ada di pabrik kelapa sawit, turbin pabrik kelapa sawit juga memiliki beragam jenis. Pembagiannya pun sudah ditentukan berdasarkan beberapa hal. Pertanyaannya, apakah semua jenis turbin uap pada pabrik kelapa sawit wajib dimiliki oleh pemilik pabrik? Tentu sajatidak.Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai budget, mengingat mesin satu ini harganya bisa mencapai ratusan hingga milyaran rupiah.

Fungsi turbin pada pabrik kelapa sawit sendiri adalah mengubah energi uap menjadi energi kinetis pada nosel, dan mengubahnya lagi menjadi energi mekanis pada sudu turbin terhadap poros turbin. Sebuah mesin penggerak seperti turbin uap pada pabrik kelapa sawit punya beberapa kelebihan yang mungkin tidak ditemukan di mesin lain, seperti dapat menghasilkan panas yang baik, mampu mengontrol putaran dengan efektif, bisa menyesuaikan panas dengan lingkungannya, dan uap yang tersisa bisa dipakai untuk ketel uap dan rebusan.

Cara kerja turbin uap pabrik kelapa sawit berbeda-beda sesuai pembagian jenisnya.Turbin uap dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

A    Berdasarkan pembentukannya:

1.    Uap air/kabut air. Uapnya terbentuk di atas permukaan air akibat penurunan tekanan di atas permukaan air hingga tekanan penguapan berdasarkan temperature permukaan air

2.    Uap air/uap didih. Uap ini terbentuk akibat pendidihan air. Ada pula yang disebut uap panas lanjut, yaitu ketika uap jenuh dipanaskan terhadap tekanan tetap, sehingga uap menerima panas lanjut atau temperature naik

B.    Berdasarkan jumlah tingkat tekanannya:

1.    Turbin uap tingkat tekanan tunggal. Beberapa tingkat tekanan kecepatan, biasanya dipakai untuk menggerakkan kompresor

2.    Turbin dresser rand. Hanya ada satu tingkatan, dibuat khusus kapasitas bertenaga kecil hingga lebih besar

C.   Berdasarkan arah aliran uapnya:

1.    Turbin aksial yaitu uap akan mengalir kearah sejajar dan melewati sumbu turbin

2.    Turbin radial yaitu uap mengalir kearah tegak lurus melewati sudu turbin

D.   Berdasarkan jumlah silinder:

1.    Turbin silinder tunggal

2.    Turbin silinder ganda

3.    Turbin silinder tiga

4.    Turbin multi silinder

E.    Berdasarkan konstruksi poros:

1.    Turbin as tunggal dengan rotor yang dipasang terhadap porong yang sama dan dihubungkan ke generator tunggal

2.    Turbin multi aksial, yaitu turbin as rootr dipisahkan dari setiap silinder dan ditempatkan sejajar dengan yang lain

F.    Berdasarkan prinsip kerja uap:

1.    Turbin aksi, yaitu energi potensial uap diubah menjadi energi kinetis hingga energi listrik

2.    Turbin reaksi aksial, yaitu ekspansi uap di antara sudu gerak terhadap setiap tingkat yang terjadi pada luas yang sama

3.    Turbin reaksi radial, yaitu tanpa sudu-sudu pengarah diam

 

Masuk Jajaran Mesin Inti, Ini Cara Kerja Turbin Uap

Masuk Jajaran Mesin Inti, Ini Cara Kerja Turbin Uap

Kw: turbin pabrik kelapa sawit, fungsi turbin pada pabrik kelapa sawit, cara kerja turbin uap pabrik kelapa sawit, turbin uap pada pabrik kelapa sawit

Uap adalah jenis tenaga yang banyak dibutuhkan di pabrik kelapa sawit. Turbin uap pada pabrik kelapa sawit akan menghasilkan uap yang dibutuhkan selama proses produksi. Standart mesin yang dibutuhkan adalah 700 kg per ton TBS untuk dapat melakukan perebusan dari tandan buah segar. Selain itu perlu diketahui, bahwa kebutuhan air pada proses pengolahan kelapa sawit pun cukup banyak, yaitu 1 m3 per kilonya. Pada proses inilah peran turbin uap pada pabrik kelapa sawit dibutuhkan.

Turbin pabrik kelapa sawit adalah sebuah mesin yang berfungsi sebagai penggerak untuk mengubah energy yang ada di dalam uap untuk menjadi gerak putar di pusat. Cara kerja turbin uap pabrik kelapa sawit sendiri melalui uap yang sudah melalui proses, dan bisa dipakai untuk memutar turbin melalui alat pemancar. Kecepatan pun relatif dan bisa disesuaikan. Bertumbu pada kecepatan ini, maka nantinya akan membentuk sudu penggerak dan bisa menghasilkan suatu putaran. Ada banyak celah yang akan menjadi jalan bagi uap untuk mengalir.

Adanya perubahan ini akan menghasilkan gaya yang mampu mendorong dan memutar roda, juga poros. Tapi, jika uap masih punya kecepatan saat melewati sudu turbin, bisa dipastikan jika hanya sebagian yang punya energy sintetis dari apa yang diambil dari sudu turbin yang sedang bergerak. Agar energi kinetis masih ada saat meninggalkan sudu turbin bisa dipakai, harus dipasang lebih dari sebaris sudu di bagian turbin. Di antara sudu pertama dan kedua, harus tetap ada satu sudu yang dipasang.Gunanya, untuk mengubah arah dari kecepatan uap.

Kenapa harus ada sudu tambahan untuk mengubah arah uap? Uap yang dihasilkan harus terbagi secara rata, sebisa mungkin kecepatan dari uap saat meninggalkan bagian sudu gerak dibuat sekecil mungkin. Semua demi energi sintetis bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.Dan yang pasti, dapat menghemat efisiensi turbin sawit jadi lebih tinggi. Melihat fungsinya yang begitu penting dalam pengolahan kelapa sawit, nggak heran jika turbin pabrik kelapa sawit dibanderol dengan harga mahal. Biasanya akan berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Untuk jenisnya, ada beragam turbin uap pada pabrik kelapa sawit yang dijual di pasaran. Semua dibedakan berdasarkan aliran uap, pemakaian pada bidang industri, dan juga berdasarkan tipenya. Namun saat akan membeli mesin ini, pastikan memilih yang berkualitas bagus, karena juga akan mempengaruhi kinerjanya dan juga berapa lama mesin ini bertahan. Harga yang cukup fantastis akan setimpal dengan masa pemakaian dalam waktu lama.

Itu tadi adalah sekilas fungsi turbin pada pabrik kelapa sawit. Semoga dapat memberikan pencerahan dan membuat Anda lebih mengenal beragam mesin yang ada di pabrik kelapa sawit.

Beragam, Ini Komponen dan Fungsi Mesin Pencacah Tandan Dalam Pabrik Kelapa Sawit

Beragam, Ini Komponen dan Fungsi Mesin Pencacah Tandan Dalam Pabrik Kelapa Sawit

Mesin pencacah janjang sawit punya banyak sekali fungsi. Setiap fungsinya mampu mendukung proses pengolahan kelapa dari awal hingga akhir. Nggak heran, perawatan mesin ini membutuhkan sebuah jadwal yang rutin, karena jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan pada mesin, akan merugikan produsen. Anda pun perlu memperhatikan merk hingga harga mesin pencacah ini. Pilih yang mempunyai kualitas bagus, karena ini akan lebih bisa diandalkan selama proses pengolahan berjalan.

Harga mesin pencacah tankos ini cukup bervariasi. Namun, tentu tidak terhitung murah. Itulah kenapa, penting untuk Anda memperhatikan perawatannya agar tidak selalu menanggung kerusakan dan menghambat proses produksi. Mesin perajang tandan kosong sawit umumnya mempunyai dua bagian besar, yaitu conveyor dan gerigi yang akan memasukkan dan mencacah tandan kelapa sawit kosong. Mesin pencacah janjang sawit ini mempunyai lima bagian penting dengan fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Mesin penggerak. Berupa motor listrik atau motor diesel yang berguna untuk mengisi energi dan menggerakkan mesin secara otomatis.
  • V-belt. Fungsi dari mesin ini bisa ditemui di mesin lain, yaitu untuk menghubungkan mesin serta gearbox dan juga menyalurkan energi yang sudah diproduksi dari mesin penggerak
  • Rangka atau chasing. ‘Lapisan luar’ ini akan melindungi mesin dari berbagai bahaya. Terbuat dari bahan yang kuat seperti baja, sehingga akan mampu menahan mesin dan tetap berdiri tegak.
  • Gear box. Gerakan mesin akan diubah menjadi naik turun dan mempunyai gerakan lebih untuk melakukan proses pencacahan.

Hadirnya mesin ini diharapkan mampu mengatasi menumpuknya kelapa sawit dan dengan cepat mengubahnya menjadi barang yang bisa digunakan. Tandan kelapa sawit yang telah melewati proses pencacahan memiliki fungsi yang cukup beragam, salah satunya adalah untuk tambahan makan ternak karena memiliki vitamin serta mineral yang tinggi.

Selanjutnya, tandan kelapa sawit yang telah melalui proses pencacahan juga bisa dimanfaatkan untuk membuat etanol dan juga kompos. Selama diolah dengan cara yang tepat, maka akan menghasilkan etanol dalam jumlah yang tinggi. Sehingga, proses produksi bio gas pun terbantu. Adanya pabrik kelapa sawit sangat menguntungkan bagi warga sekitar yang mempunyai usaha agraria, karena dapat menghasilkan kompos yang ramah lingkungan serta harganya cukup terjangkau.

Sistem kerja mesin pencacah janjang sawit memang dinilai cukup menguntungkan, sehingga para pengusaha tergiur untuk memiliki mesin ini di pabrik kelapa sawit mereka. Harganya terjangkau, dan mempunyai manfaat yang besar. Anda salah satunya? Sebelum memutuskan membeli mesin ini, pastikan untuk mempunyai referensi yang cukup agar tidak salah pilih. Jangan hanya tergiur harga yang jauh lebih murah, karena yang lebih penting adalah kualitas dari mesin tersebut. Pastikan spare part dari mesin yang Anda beli mudah ditemui, sehingga jika ada kerusakan Anda tidak dipusingkan mencari spare partnya. Lalu, pastikan juga spesifikasi mesin pabrik kelapa sawit mulai dari ukuran, kapasitas, penggerak, serta tipe dan bahan pembuat setiap bagian mesin. Selama tidak salah pilih, bisnis akan berjalan lancar dan maksimal.

HEAD OFFICE

PT. KHARISMAPRATAMA ABADISEJATINDO
Address : Jln. Kompleks Bumi Sunggal Blok C/E no 7, Medan – North Sumatera, Indonesia
Telephone : +62 61 8469822 - 8469806 - 8472878 Fax : +62 61 8469790
Email : sales.medan@kharisma-sawit.com; sparepart.medan@kharisma-sawit.com

JAKARTA REPRESENTATIVE

Telephone : +62-21-6332821/ 08561937055 / 0821108677322
Fax : +62-21-6345859
Email : sales.jakarta@kharisma-sawit.com
sparepart.jakarta@kharisma-sawit.com

For Information of Our product & Newsletter, please fill in below information